International Updates

Israel Gempur Gaza, China Sebut AS Abaikan Penderitaan Rakyat Palestina

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 18:03 WIB
Militer Israel terus meluncurkan serangan udara ke Jalur Gaza di hari perayaan Idul Fitri. Hingga Kamis pagi, jumlah warga Palestina yang meninggal telah mencapai 69 orang.
Israel terus lancarkan serangan udara di Gaza (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Pesawat-pesawat tempur Israel kembali melancarkan serangan udara di Gaza pada Sabtu (15/5) pagi waktu setempat. Kelompok Hamas menanggapi dengan kembali menembakkan roket ke Israel di saat pertempuran memasuki malam kelima.

Seperti dilansir kantor berita Reuters dan Channel News Asia, Sabtu (15/5/2021), petugas medis Palestina mengatakan setidaknya empat orang tewas dalam salah satu dari beberapa serangan udara di Gaza utara.

Kementerian Urusan Agama Palestina mengatakan pesawat tempur Israel menghancurkan sebuah masjid. Seorang juru bicara militer Israel mengatakan pihaknya sedang memeriksa laporan itu.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Sabtu (15/5/2021):

- 10 Warga Palestina Tewas Ditembak Tentara Israel di Tepi Barat

Selain di Gaza, korban jiwa warga Palestina juga terus berjatuhan di wilayah Tepi Barat.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (15/5/2021), Kementerian Kesehatan Palestina menyatakan, sedikitnya 10 warga Palestina tewas akibat tembakan tentara-tentara Israel selama bentrokan pada Jumat (14/5) waktu setempat.

Menurut sumber-sumber, aksi protes yang diwarnai kekerasan terjadi di berbagai penjuru Tepi Barat, dengan sebagian besar pemuda Palestina melemparkan batu, bom molotov dan proyektil lainnya ke pasukan Israel, yang membalas dengan melepaskan gas air mata, peluru karet dan peluru tajam.

Militer Israel menyatakan seperti diberitakan Arab News, Sabtu (15/5/2021), salah satu korban termasuk warga Palestina yang tewas setelah mencoba menikam seorang tentara. Pejabat kesehatan Palestina mengkonfirmasi kematian itu.

- China Sebut AS Abaikan Penderitaan Rakyat Palestina

Pemerintah China menuduh pemerintah Amerika Serikat "mengabaikan penderitaan" umat Islam, setelah Washington sempat memblokir rencana pertemuan Dewan Keamanan PBB untuk membahas konflik antara Israel dan Palestina.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (15/5/2021), AS yang menjadi perisai diplomatik Israel di PBB, memblokir sesi sidang Dewan Keamanan PBB yang semula dijadwalkan pada Jumat (14/5) di tengah pertumpahan darah yang terus terjadi di Gaza. Namun, para diplomat mengatakan pemerintah AS akhirnya setuju untuk memindahkan sesi sidang Dewan Keamanan tersebut ke hari Minggu (16/5).

Di saat konflik di Gaza memanas, China telah mengangkat masalah Palestina di Dewan Keamanan, tempat di mana China sering memainkan kartu vetonya untuk memblokir mosi terhadap sekutu-sekutunya.

- Tornado Terjang China, 10 Orang Tewas dan 300 Luka-luka

Badai tornado menerjang wilayah China tengah dan timur. Sedikitnya 10 orang tewas dan lebih dari 300 orang luka-luka akibat tornado tersebut.

Otoritas China menyatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (15/5/2021), angin kencang dengan kecepatan lebih dari 100 kilometer per jam menghantam pusat kota Wuhan pada Jumat (14/5) malam waktu setempat.

Lihat Video: Warga Turki Gelar Salat Gaib Untuk Korban Tewas di Palestina

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2