PBB Minta Israel-Palestina Hentikan Konflik: Banyak Warga Tak Berdosa Tewas

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 14 Mei 2021 08:36 WIB
Sekjen PBB, Antonio Guterres
Foto: Sekjen PBB Antonio Guterres (Getty Images/Pool)
Gaza -

Sekjen Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) António Guterres mengimbau agar konflik antara Israel dan Palestina segera dihentikan. Guterres menyebut konflik keduanya hanya akan menumbuhkan radikalisasi dan ekstrimisme di wilayah tersebut.

"Untuk menghormati semangat Idulfitri, saya mengimbau agar segera meredakan dan menghentikan permusuhan di Gaza dan Israel," kata Guterres sepert dikutip detikcom dalam cuitannya, Jumat (14/5/2021).

Guterres mengatakan konflik Israel dan Palestina sudah terlalu banyak memakan korban. Dia menegaskan warga sipil yang tak berdosa lah yang menjadi korban pertikaian keduanya.

"Terlalu banyak warga sipil tak berdosa telah tewas," ucapnya.

Lebih lanjut, Guterres juga menyinggung terkait adanya potensi meningkatnya radikalisasi dan ekstrimisme akibat konflik Israel dan Palestina ini. Karena itu, dia mengimbau agar konflik keduanya segera dihentikan.

"Konflik ini hanya dapat meningkatkan radikalisasi dan ekstremisme di seluruh wilayah," ujarnya.

Seperti diketahui, warga Palestina yang tewas akibat gempuran Israel bertambah lagi. Kini korban warga Palestina yang tewas melebihi 100 orang.

Seperti dilansir AFP, Jumat (14/5/2021), Kementerian Kesehatan Gaza menyatakan sebanyak 103 warga Palestina terbunuh akibat konflik dengan Israel yang meningkat 4 hari belakangan ini. 103 warga tewas itu termasuk 27 anak-anak dan 11 wanita.

"Lebih dari 100 warga Palestina di Jalur Gaza telah tewas selama empat hari terakhir konflik militer dengan Israel," kata para pejabat di coastal enclave.

Tak hanya itu, gempuran Israel juga melukai hampir 580 orang Palestina.

Sementara itu dari pihak Israel, setidaknya 6 warga Israel dan 1 warga India juga turut menjadi korban tewas akibat konflik di wilayah tersebut. Bentrokan Israel dan Palestina juga berlangsung di beberapa kota di Israel. Sejumlah orang Yahudi Israel dan warga Palestina terkonfrontasi dan terlibat konflik di sejumlah wilayah di Israel.

Simak Video: Israel Terus Bombardir Gaza, Korban Tewas Kini Capai 103 Jiwa

[Gambas:Video 20detik]



(maa/imk)