Pria Bersenjata Pisau Tikam 5 Orang di Supermarket Selandia Baru

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 13:35 WIB
Ilustrasi: pembunuhan, mayat, bunuh diri, garis polisi, police line
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta -

Seorang pria bersenjatakan pisau menikam lima orang di sebuah supermarket di Selandia Baru pada Senin (10/5) ini. Akibatnya, lima orang terluka termasuk tiga orang yang mengalami luka kritis.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (10/5/2021), kepolisian Selandia Baru mengatakan serangan itu - sangat tidak biasa di negara Pasifik Selatan yang biasanya damai itu - terjadi di supermarket Countdown di kota Dunedin pada pukul 14:30 waktu setempat dan seorang pria telah ditahan. Namun, tidak disebutkan mengenai identitas tersangka penusukan.

Saksi mata mengatakan kepada media lokal, bahwa seorang pria yang membawa dua pisau menikam staf di supermarket dan para pengunjung yang mencoba menghentikannya juga terluka.

Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan tampaknya penikaman itu tidak terkait dengan teror.

Ardern mengatakan pertanyaan pertama yang dia tanyakan kepada polisi adalah apakah serangan Dunedin memiliki implikasi keamanan nasional, tetapi polisi meyakinkannya bahwa itu tidak terjadi.

"Pada tahap ini, tidak ada yang disarankan dari sudut pandang polisi bahwa ini adalah apa yang mereka definisikan sebagai peristiwa teror domestik," kata Ardern kepada wartawan.

Ardern juga mengatakan polisi tidak mencari orang lain terkait dengan serangan itu.

Managing Director Countdown Spencer Sonn mengatakan semua orang di jaringan supermarket tersebut "terkejut dan hancur" akan serangan itu.

Serangan massal terakhir di Selandia Baru adalah penembakan brutal di dua masjid di kota Christchurch pada Maret 2019 lalu. Dalam peristiwa itu, seorang pria bersenjata penganut supremasi kulit putih membunuh 51 jemaah Muslim dan melukai 40 orang lainnya.

Lihat juga video 'Pria Bersenjata di Hawaii Bunuh Diri Usai Dikepung Polisi':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)