Afrika Selatan Deteksi 4 Varian Kasus Corona Asal India

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 17:30 WIB
Varian baru Covid-19: Varian baru virus corona yang lebih banyak menginfeksi anak muda ditemukan di Afrika Selatan
Ilustrasi (Foto: BBC World)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan Afrika Selatan mendeteksi empat kasus pertama varian Corona (COVID-19) asal India pada Sabtu (8/5). Hasil tes juga menemukan 11 kasus varian B117 yang pertama kali terdeteksi di Inggris.

"Jaringan Pengawasan Genomik di Afrika Selatan hari ini mengkonfirmasi bahwa dua varian yang menjadi perhatian, selain B1351 yang sudah mendominasi di Afrika Selatan, telah terdeteksi," kata Menteri Kesehatan Zweli Mkhize, seperti dilansir Reuters, Minggu (9/5/2021)

Empat kasus varian India terdeteksi di provinsi Gauteng dan KwaZulu-Natal di mana seluruhnya memiliki riwayat perjalanan dari India.

Lebih lanjut, dari 11 orang yang terinfeksi varian Inggris, delapan ditemukan di Western Cape.

Afrika Selatan menjadi negara yang paling parah terkena infeksi dan kematian akibat COVID-19 di Benua Afrika. Varian Afrika Selatan dengan cepat mendominasi dan menyebar di negara itu.

Afrika Selatan telah memesan puluhan juta dosis vaksin dari Johnson & Johnson dan Pfizer untuk meningkatkan kampanye vaksinasi massal. Sejauh ini baru 382.480 tenaga kesehatan yang diinokulasi dari total populasi 60 juta.

(izt/dhn)