Round-Up

Malaysia Pun Jemput Bola ke India Gara-gara Corona Menggila

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 07 Mei 2021 20:02 WIB
FILE - In this April 30, 2021, file photo, health workers attend to COVID-19 patients at a makeshift hospital in New Delhi, India. COVID-19 infections and deaths are mounting with alarming speed in India with no end in sight to the crisis. People are dying because of shortages of bottled oxygen and hospital beds or because they couldn’t get a COVID-19 test. (AP Photo/File)
Kasus Corona di India terus melonjak (Foto: AP)
Kuala Lumpur -

Pemerintah Malaysia akan memulangkan warganya yang berada di India. Langkah itu diambil menyusul melonjaknya kasus Corona dan angka kematian di India yang semakin menggila.

Keputusan untuk menjemput warganya yang berada di wilayah utara dan barat India itu melibatkan semua lembaga di Malaysia. Jemput bola itu pun telah mempertimbangkan pengamatan dan analisis oleh misi diplomatik Malaysia di India.

Rencananya, misi repatriasi itu akan menggunakan pesawat carteran khusus dari Malaysia. Penjemputan akan segera dilakukan usai penerbangan khusus itu disetujui pemerintah India.

"Pesawat itu akan berangkat ke New Delhi dan Mumbai, India, segera setelah semua pengaturan terkait termasuk persetujuan dari pemerintah India untuk penerbangan khusus tersebut," ujar Menteri Luar Negeri Malaysia Hishammuddin Hussein, dalam pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri Malaysia, seperti dilansir Bernama dan Channel News Asia, Jumat (7/5/2021).

Mereka yang kembali termasuk anggota staf berbasis rumahan dari berbagai agen Malaysia dan keluarga mereka. Semuanya harus menjalani tes COVID-19 sebelum meninggalkan India dan juga setibanya di Malaysia.

"Selain itu, mereka juga diwajibkan menjalani karantina selama 14 hari di pusat-pusat yang ditunjuk pemerintah," ujarnya.

Hishammuddin menambahkan, warga Malaysia lainnya di wilayah utara dan barat India yang ingin bergabung dengan penerbangan repatriasi harus mendaftar ke Komisi Tinggi Malaysia di New Delhi dan Konsulat Jenderal Malaysia di Mumbai pada pukul 5 sore waktu India pada hari Jumat ini.

Sementara, wilayah selatan dan timur India tidak termasuk dalam misi repatriasi karena situasi COVID-19 di sana terkendali.

Hishammuddin juga mengingatkan seluruh warga Malaysia di wilayah tersebut untuk tetap berhubungan dengan Komisi Tinggi Malaysia dan Konsulat Jenderal untuk mengetahui informasi terkini terkait misi atau bantuan konsuler.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Covid-19 Melonjak, Malaysia Kembali Batasi Pergerakan Warganya':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2