Corona Menggila, Malaysia Jemput Pulang Warganya dari India

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 07 Mei 2021 08:02 WIB
Pasien Covid-19 di Ahmedabad, India harus mengantre berjam-jam di dalam ambulans untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit. Penumpukan pasien ini imbas lonjakan kasus Corona di India yang angkanya melebihi 300 ribu kasus baru perhari.
India dilanda darurat Corona (Foto: AP Photo)

Dikatakan menteri Malaysia itu, wilayah selatan dan timur India tidak termasuk dalam misi repatriasi karena situasi COVID-19 di sana terkendali.

Hishammuddin juga mengingatkan seluruh warga Malaysia di wilayah tersebut untuk tetap berhubungan dengan Komisi Tinggi Malaysia dan Konsulat Jenderal untuk mengetahui informasi terkini terkait misi atau bantuan konsuler.

Selama tahap awal pandemi COVID-19 tahun lalu, Malaysia telah memulangkan warganya dari Wuhan di China, serta Iran dan Italia, kata Hishammuddin.

Diketahui bahwa India mengalami lonjakan rekor dalam kasus baru COVID-19 dan kematian pada hari Kamis (6/5). Angka Kementerian Kesehatan India menunjukkan 3.980 kematian dalam 24 jam terakhir, menjadikan total nasional sebanyak 230.168 kematian.

Ada juga 412.262 kasus baru dalam sehari, sehingga membuat total kasus infeksi virus Corona di India menjadi 21,1 juta kasus.

Banyak ahli menduga bahwa dengan tingkat pengujian yang rendah dan pencatatan penyebab kematian yang buruk - dan krematorium kewalahan di banyak tempat - jumlah sebenarnya bisa jauh lebih tinggi.

Halaman

(ita/ita)