International Updates

Kematian Corona di Malaysia Dekati Rekor, Wanita Mali Lahirkan Bayi Kembar 9

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 16:26 WIB
Otoritas Malaysia melaporkan 432 kasus COVID-19 baru pada hari Senin (5/10/2020). Angka ini adalah lonjakan kasus infeksi harian terbesar di negara itu.
ilustrasi (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Otoritas Malaysia memperketat pembatasan pergerakan di enam distrik di Selangor, negara bagian terkaya di negara itu, dalam upaya untuk mengendalikan peningkatan infeksi virus Corona di sana.

Hal ini dilakukan seiring Malaysia menghadapi lonjakan kasus COVID-19 sejak dimulainya bulan suci Ramadhan -- kasus harian mencapai 3.000 kasus minggu lalu untuk pertama kalinya sejak Februari.

Bahkan pada Selasa (4/5), Malaysia mencatat 23 kematian pasien COVID-19 dalam sehari, atau nyaris mendekati rekor 25 kematian dalam sehari yang tercatat di negara itu.

Dengan tambahan 23 kematian ini menjadikan jumlah total kematian akibat COVID-19 di negara itu sejauh ini menjadi 1.574.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Rabu (5/5/2021):

- Jadi Istri 3 Anggota ISIS di Suriah, Wanita Norwegia Dibui 3,5 Tahun

Pengadilan Norwegia menjatuhkan hukuman penjara pada seorang wanita yang tinggal sebagai ibu rumah tangga di Suriah. Dia divonis bersalah karena menjadi anggota kelompok ISIS, meskipun dirinya tidak ikut bertempur.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (5/5/2021), pengadilan Oslo memvonis wanita Norwegia-Pakistan itu dengan hukuman 3,5 tahun penjara karena "berpartisipasi dalam organisasi teroris" dengan mengurus rumah tangganya dan memungkinkan ketiga suaminya yang merupakan anggota ISIS untuk bertempur.

"Dengan melakukan perjalanan ke daerah yang dikuasai ISIS di Suriah ... dengan pindah dan tinggal bersama suami-suaminya, mengurus anak-anak dan berbagai tugas di rumah, terdakwa memungkinkan ketiga suaminya untuk berpartisipasi aktif dalam pertempuran ISIS," kata hakim Ingmar Nilsen saat membacakan putusan.

Hakim menyatakan bahwa, menjadi ibu rumah tangga bagi tiga suami berturut-turut tidak membuatnya menjadi pengamat pasif.

- Israel Gempur Wilayah Leluhur Assad, 1 Warga Sipil Suriah Tewas

Seorang warga sipil tewas dan enam lainnya luka-luka setelah serangan udara Israel yang jarang terjadi di wilayah timur laut Suriah, rumah bagi keluarga Presiden Bashar al-Assad yang sudah lama berkuasa.

Sejak pecahnya perang saudara Suriah pada tahun 2011, Israel secara rutin melakukan serangan-serangan udara di negara tersebut, yang sebagian besar menargetkan pasukan Iran, Hizbullah Libanon serta pasukan pemerintah.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (5/5/2021), sumber militer mengatakan kepada kantor berita Sana, serangan di provinsi Latakia - rumah leluhur Assad - terjadi tak lama setelah jam 02.00 dini hari, Selasa (4/5) waktu setempat.

- Lukai PRT Indonesia, Wanita Hamil di Singapura Dibui

Seorang wanita hamil di Singapura dijatuhi hukuman penjara delapan minggu pada Rabu (5/5) karena melukai pembantu rumah tangganya. Wanita tersebut memukul dan menampar PRT asal Indonesia tersebut, serta memaksanya makan kapas kotor dan rambut dari lantai toilet.

Tan Hui Mei (35) juga diperintahkan untuk membayar kompensasi sebesar 3.200 dolar Singapura kepada korban, atau jika tidak, harus menjalani tambahan hukuman penjara 16 hari.

Selanjutnya
Halaman
1 2