Rel Layang Ambruk di Meksiko, Korban Tewas Bertambah Jadi 23 Orang

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 17:36 WIB
Mexico City -

Korban tewas dalam insiden ambruknya rel layang di Meksiko bertambah menjadi 23 orang. Terdapat anak-anak di antara korban tewas dalam insiden ini.

Seperti dilansir Reuters dan Associated Press, Selasa (4/5/2021), dalam insiden pada Senin (3/5) malam waktu setempat ini, salah satu bagian rel layang di Mexico City ambruk saat dilalui rangkaian kereta api. Rangkaian kereta yang sedang melaju di rel layang itu ikut terjatuh ke bawah, menimpa mobil-mobil yang ada di ruas jalanan di bawahnya. Sejumlah mobil dilaporkan terkubur reruntuhan.

Upaya pencarian korban sempat dihentikan sebentar karena risiko lebih banyak bagian rel layang yang ambruk dan gerbong kereta yang jatuh ke bawah.

Video dan foto-foto dari lokasi kejadian menunjukkan dua gerbong kereta menggantung dari bagian rel layang yang ambruk, dengan petugas penyelamat dan paramedis menggunakan tangga untuk mengakses gerbong tersebut.

Wali Kota Mexico City, Claudia Sheinbaum, menyebut operasi penyelamatan dihentikan sementara 'karena kereta sangat lemah'. Sebuah crane dikerahkan ke lokasi untuk menjaga stabilitas gerbong kereta agar petugas bisa melanjutkan penyelamatan.

"Kami tidak tahu jika mereka masih hidup," tutur Sheinbaum merujuk pada orang-orang yang diduga masih terjebak di dalam gerbong kereta yang terjatuh dan menggantung.

Disebutkan Sheinbaum bahwa satu orang dievakuasi dalam keadaan hidup dari salah satu gerbong yang terjebak reruntuhan. Dia menyebut 49 orang yang mengalami luka-luka kini tengah menjalani perawatan di rumah sakit, dengan tujuh orang di antaranya dalam kondisi serius dan tengah menjalani operasi.