Terus Bertambah, Korban Tewas Kebakaran di RS COVID-19 Irak Jadi 82 Orang

Tim detikcom - detikNews
Senin, 26 Apr 2021 03:25 WIB
Baghdad -

Kebakaran melanda salah satu RS khusu penanganan COVID-19 di Baghdad Timur, Irak. Akibat kebakaran tersebut sebanyak 82 orang meninggal dunia.

Seperti dilansir AFP, Senin (26/4/2021), kebakaran terjadi di rumah sakit Ibn al-Khatib di Baghdad Timur, Irak. Kebakaran tersebut dipicu oleh ledakan di salah satu tempat penyimpanan oksigen.

"Terjadi kesalahan dalam penyimpanan tabung oksigen," kata sumber medis RS tersebut.

Kementerian Kesehatan Irak mengatakan 82 orang tewas dan 110 luka-luka akibat kebarakan tersebut. Sementara itu, Komisi Hak Asasi Manusia Irak mengatakan 28 korban tewas di antaranya adalah pasien yang harus melepas ventilator untuk menghindari api.

Api yang dimulai dari ruang penyimpanan oksigen itu pun cepat menyebar hingga ke beberapa lantai rumah sakit tersebut.

Salah satu korban yang juga saksi mata di lokasi, Bakr Qazem mengaku merasakan 'ledakan kuat' sebelum kebakaran terjadi. Dia mengaku tidak dapat menyelamatkan pasien lainnya.

"Kami melihat kebakaran dan tidak dapat menyelamatkan pasien," katanya dengan air mata berlinang.

Bakr Qazem menjadi salah satu korban kebakaran di rumah sakit tersebut. Dia bahkan kehilangan ayahnya yang juga tewas dalam kebakaran itu.

Dinas Pertahanan Sipil Irak mengatakan rumah sakit tidak memiliki sistem proteksi kebakaran. Karena itulah, api cepat menyebat ke seluruh rumah sakit.

"Rumah sakit tidak memiliki sistem proteksi kebakaran dan langit-langit palsu memungkinkan api menyebar ke produk yang sangat mudah terbakar," ungkap sumber dari Dinas Pertahanan Sipil Irak

Selain itu, petugas kebakaran juga mengalami keterlambatan lantaran letak rumah sakit yang berada di pinggiran pertanian Baghdad yang terpencil. Kondisi ini pun sempat membuat marah warga Irak.

(maa/maa)