PM Kanada dan Istri Disuntik Vaksin AstraZeneca

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 24 Apr 2021 10:44 WIB
Prime Minister Justin Trudeau receives his first COVID vaccination in Ottawa, Friday April 23, 2021. (Adrian Wyld/The Canadian Press via AP)
Momen saat PM Kanada, Justin Trudeau, disuntik vaksin AstraZeneca (Adrian Wyld/The Canadian Press via AP)
Ottawa -

Perdana Menteri (PM) Kanada, Justin Trudeau, telah menerima suntikan dosis pertama vaksin virus Corona (COVID-19) pada Jumat (23/4) waktu setempat. Trudeau disuntik vaksin AstraZeneca dalam upaya meyakinkan publik Kanada soal keamanannya meski ada sejumlah kasus pembekuan darah sangat langka.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (24/4/2021), Trudeau menerima suntikan vaksin AstraZeneca bersama istrinya, Sophie, di sebuah klinik apotek di Ottawa pada Jumat (23/4) waktu setempat. Vaksinasi Trudeau ini dilakukan di depan sorotan kamera untuk memastikan keamanannya kepada publik.

Trudeau bahkan memberitahu petugas yang menyuntikkan vaksin kepadanya bahwa dirinya tidak sabar untuk menerima vaksin ini.

Diketahui bahwa setiap provinsi di Kanada -- dari total 10 provinsi -- bertanggung jawab atas program vaksinasi di wilayah masing-masing setelah pemerintah federal mendapatkan pasokan vaksin. Sebagian besar merekomendasikan vaksin AstraZeneca untuk orang-orang berusia 40-45 tahun.

Namun pada Jumat (23/4) waktu setempat, badan penasihat kesehatan pemerintah Kanada menyatakan bahwa orang-orang berusia 30-an tahun juga bisa menerima suntikan vaksin AstraZeneca secara aman.

"Dengan Ontario mengundang orang-orang berusia 40 tahun ke atas untuk menerima vaksin AstraZeneca di apotek-apotek, sekarang giliran kami," ucap Trudeau, yang berusia 49 tahun ini, dalam konferensi pers.

Istri Trudeau, Sophie, pernah terinfeksi Corona pada Maret 2020, hingga memaksa sang PM Kanada melakukan isolasi mandiri pada saat itu di kediamannya di Ottawa.

"Sungguh melegakan untuk mengetahui bahwa sikap sederhana ini membantu melindungi diri sendiri, tapi secara khusus juga melindungi orang-orang yang kita cintai di sekitar kita," ujar Trudeau.

Lihat Video: Australia Laporkan Kematian Pertama Akibat Vaksin AstraZeneca

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2