Bersitegang, Jet Tempur Rusia Cegat Pesawat Patroli AS di Laut Barents

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 20 Apr 2021 18:46 WIB
Russias MiG-31 supersonic interceptor jets carrying hypersonic Kinzhal (Dagger) missiles fly over Red Square during the Victory Day military parade in Moscow on May 9, 2018. - Russia marks the 73rd anniversary of the Soviet Unions victory over Nazi Germany in World War Two. (Photo by Yuri KADOBNOV / AFP)
Ilustrasi -- Jet tempur Rusia MiG-31 (dok. AFP/YURI KADOBNOV)
Moskow -

Insiden yang melibatkan jet tempur Rusia dan pesawat militer Amerika Serikat (AS) kembali terjadi di tengah ketegangan kedua negara. Sebuah jet tempur Rusia dikerahkan untuk mencegat sebuah pesawat patroli milik Angkatan Laut AS yang mengudara bersama pesawat patroli Norwegia di atas Laut Barents.

Seperti dilansir The Hill dan Xinhua News Agency, Selasa (20/4/2021), Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataannya radar mendeteksi dua target di udara yang mendekati perbatasan Rusia di atas Laut Barents pada Senin (19/4) waktu setempat. Laut Barents merupakan laut yang terletak di sebelah utara Norwegia dan Rusia, yang memisahkan perairan kedua negara.

Rusia mengidentifikasi kedua target di udara itu sebagai pesawat patroli jenis P-8A Poseidon milik Angkatan Laut AS dan pesawat patroli jenis P-3C Orion milik Norwegia.

Disebutkan oleh Kementerian Pertahanan Rusia bahwa sebuah jet tempur MiG-31 dari Armada Utara Rusia dikerahkan untuk mencegat kedua pesawat asing itu dan mengawal keduanya menjauhi perbatasan Rusia.

Setelah kedua pesawat itu menjauhi perbatasan Rusia, sebut Kementerian Pertahanan Rusia, jet tempur MiG-31 kembali ke pangkalan udaranya dengan selamat. Ditegaskan juga oleh Kementerian Pertahanan Rusia bahwa pengerahan jet tempurnya itu mematuhi aturan internasional untuk penggunaan wilayah udara.

Seorang pejabat Pentagon, yang enggan disebut namanya, menuturkan kepada The Hill bahwa Departemen Pertahanan AS telah 'mengetahui laporan tersebut'.

"Aktivitas pencegatan bukanlah hal yang tidak biasa. Sebagian besar dari aktivitas semacam ini dianggap aman. Namun, kami tidak membahas secara detail interaksi itu sendiri," ucap pejabat Pentagon itu dalam komentarnya.

Simak video 'Detik-detik Jet Rusia Cegat Pesawat Pengintai AS':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2