Tarian Twerking Saat Peluncuran Kapal Perang Hebohkan Publik Australia

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 12:14 WIB
bendera Australia
Ilustrasi (dok. Internet)
Sydney -

Sebuah video yang menunjukkan sejumlah penari melakukan gerakan twerking dalam sebuah acara militer di Australia memicu kehebohan. Video itu sempat viral dan menjadi perdebatan publik, sebelum akhirnya terungkap bahwa ada kesalahan penyuntingan oleh media terkemuka setempat.

Seperti dilansir BBC, Jumat (16/4/2021), polemik soal video twerking dalam acara Angkatan Laut Australia itu berawal saat seorang reporter ABC, media nasional Australia, membagikan sebuah video via Twitter yang menampilkan sekelompok wanita melakukan gerakan twerking dengan latar belakang kapal militer. Tarian twerking merupakan gerakan tari yang provokatif secara seksual.

Video itu menggabungkan beberapa momen menjadi satu, yakni video tarian twerking dan reaksi wajah terdiam dari para petinggi militer Australia yang hadir. Cuitan sang reporter ABC yang menautkan video itu, yang kini telah dihapus, juga mengutip komentar seorang anggota parlemen Australia yang mengeluhkan bahwa standar pasukan pertahanan telah jatuh.

Dari situ, pembahasan semakin meluas dengan anggota parlemen konservatif menyebutnya tidak pantas, kemudian tabloid-tabloid setempat mengulasnya sebagai tajuk utama dengan mengkritik standar militer Australia, bahkan kelompok penari bernama 101 Doll Squadron itu menuai kecaman publik.

Diketahui bahwa 101 Doll Squadron disewa oleh Angkatan Laut Australia untuk tampil dalam seremoni peluncuran kapal perang militer bernama HMAS Supply di Garden Island, Sydney, pada Sabtu (10/4) lalu.

Kelompok penari berpakaian seksi ini menuduh ABC telah melakukan 'penyuntingan yang menipu' dengan secara salah menyertakan tayangan yang menampilkan para petinggi militer yang hadir, yang ternyata tidak ada di lokasi saat kelompok penari ini sedang tampil. Mereka juga menyalahkan 'pengambilan gambar dari sudut pandang yang tidak bisa disaksikan oleh hadirin'.

Pada Kamis (15/4) waktu setempat, ABC menyampaikan permintaan maaf mereka. Dalam penjelasannya, ABC mengakui bahwa video itu telah diedit secara keliru.

"Video media sosial asli ABC News soal peluncuran HMAS Suppy yang digelar Angkatan Laut Australia pada akhir pekan menampilkan pertunjukan oleh kelompok tari 101 Doll Squadron yang menyertakan potongan gambar yang menunjukkan Gubernur Jenderal David Hurley, Kepala Angkatan Laut, dan Panglima Angkatan Bersenjata menyaksikan penampilan itu," sebut ABC dalam pernyataannya seperti dilansir abc.net.au.

Simak juga Video: Joget Twerking di TikTok, Mahkota Miss Papua New Guinea Dicopot

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2