10 Diplomatnya Diusir, Rusia Ingatkan AS Akan Terima Konsekuensi!

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 09:42 WIB
Percakapan telepon pertama Biden dan Putin, apa saja yang dibicarakan?
Hubungan AS dan Rusia semakin memburuk sejak bulan lalu saat Presiden Joe Biden menyebut Presiden Vladimir Putin sebagai pembunuh (dok. BBC World)
Moskow -

Otoritas Rusia mengomentari langkah terbaru Amerika Serikat (AS) dalam menjatuhkan sanksi-sanksi ekonomi dan mengusir 10 diplomatnya. Rusia menegaskan bahwa AS akan menerima konsekuensi dari langkahnya yang disebut langkah 'permusuhan' itu.

Seperti dilansir AFP, Jumat (16/4/2021), otoritas AS mengumumkan penjatuhan sanksi-sanksi ekonomi terbaru untuk Rusia dan pengusiran 10 diplomat Rusia di wilayahnya pada Kamis (15/4) waktu setempat.

Langkah itu dinyatakan sebagai balasan atas campur tangan Rusia dalam pemilu AS, serangan siber besar-besaran yang didalangi peretas AS dan berbagai aktivitas jahat Rusia lainnya terhadap AS.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, dalam pernyataannya menegaskan bahwa tanggapan dari Rusia untuk sanksi baru AS 'tak terelakkan'. Dia juga mengungkapkan bahwa Rusia memanggil Duta Besar AS di Moskow, John Sullivan, untuk meminta penjelasan soal langkah AS tersebut.

"Amerika Serikat belum siap menerima kenyataan objektif bahwa ada dunia multipolar yang mengabaikan hegemoni Amerika," ucap Zakharova dalam pernyataan yang disiarkan televisi setempat.

"Kami telah berulang kali memperingatkan Amerika Serikat soal konsekuensi dari langkah-langkah permusuhannya, yang secara berbahaya meningkatkan derajat konfrontasi antara kedua negara," tegasnya.

"Tanggapan terhadap sanksi-sanksi tak terelakkan," cetus Zakharova memperingatkan AS.

Simak Video: Panas! AS Jatuhkan Sanksi ke Rusia

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2