Menkes Rumania Dipecat Terkait Penanganan Pademi COVID-19

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 15 Apr 2021 11:07 WIB
Covid-19: Mutasi ganda varian virus corona ditemukan di India
ilustrasi (Foto: BBC World)
Jakarta -

Perdana Menteri Rumania Florin Citu memecat Menteri Kesehatan (Menkes) negara itu terkait penanganannya terhadap pandemi COVID-19. Pemecatan ini memberikan pukulan telak bagi koalisi kanan-tengah negara itu.

"Saya memutuskan untuk membuat perubahan di pucuk Kementerian Kesehatan untuk memastikan bahwa kepercayaan pada lembaga negara dipertahankan," kata Citu kepada wartawan, seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (15/4/2021). Citu tidak merinci mengapa Menkes Vlad Voiculescu diberhentikan.

Sekretaris Negara Andreea Moldovan, sekutu dekat Voiculescu, juga dipecat.

Partai liberal PNL yang menaungi Citu dan USR/PLUS pimpinan Voiculescu membentuk koalisi pemerintahan setelah pemilihan parlemen Desember 2020 lalu, bersama dengan partai minoritas Hongaria UDMR.

Pemecatan Voiculescu adalah keretakan pertama dalam koalisi pemerintahan yang baru dibentuk, dengan skenario perpecahan yang ditimbulkan oleh beberapa pemimpin.

"Perdana Menteri Citu tidak lagi mendapat dukungan kami," kata kepala USR/PLUS yang kesal, Dan Barna pada konferensi pers, seraya menyerukan pertemuan koalisi.

Pemimpin PNL Ludovic Orban mengungkapkan harapan agar koalisi tidak runtuh, menekankan bahwa "pemerintahan yang baik lebih penting daripada nama seorang menteri".

Tonton juga Video: Rumah Sakit Covid-19 di Rumania Terbakar, 4 Orang Tewas

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2