International Updates

25 Jet Tempur China Menyusup, Taiwan Pamer Kapal Perang Terbaru

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 13 Apr 2021 18:20 WIB
Pesawat Pembom H-6K China
Ilustrasi -- Pesawat pengebom China (dok. Taiwan's Ministry of Defense via CNN)
Jakarta -

Puluhan jet tempur China kembali menyusup ke dalam zona pertahanan Taiwan. Dalam seremoni di kota pelabuhan Kaohsiung, Taiwan memamerkan kapal perang amfibi terbarunya yang bernama Yu Shan.

Otoritas Taiwan melaporkan sebanyak 25 pesawat tempur yang dikirim pasukan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) memasuki sudut barat daya dari zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan. Taiwan mengerahkan jet-jet tempurnya dan mengerahkan sistem pertahanan rudal serta merilis peringatan radio kepada pesawat-pesawat China itu.

Taiwan baru saja memamerkan kapal perang amfibi terbaru yang dilengkapi senjata meriam untuk menyerang target di udara dan darat, rudal antipesawat dan senjata antipesawat dan antirudal jarak dekat Phalanx.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Selasa (13/4/2021):

- Jepang Akan Buang Limbah Radioaktif Fukushima ke Laut, China Protes

Pemerintah Jepang telah menyetujui rencana untuk membuang lebih dari 1 juta ton limbah radioaktif dari pembangkit nuklir (PLTN) Fukushima yang rusak ke lautan. Otoritas China memprotes keputusan Jepang yang merupakan negara tetangganya ini dengan menyebutnya 'sangat tidak bertanggung jawab'.

Seperti dilansir AFP, Selasa (13/4/2021), pemerintah Jepang bersikeras bahwa pelepasan air limbah radioaktif ini aman karena air dari PLTN Fukushima itu telah disaring dan diolah untuk menghilangkan seluruh elemen radioaktifnya dan diencerkan. Misi ini akan memakan waktu setidaknya beberapa dekade ke depan.

"Pemerintah Jepang telah menyusun kebijakan dasar untuk melepaskan air yang telah diproses ke lautan, setelah memastikan level keamanan air tersebut... sambil pemerintah mengambil langkah-langkah untuk mencegah dampak reputasinya," tutur Perdana Menteri (PM) Jepang, Yoshihide Suga, kepada wartawan setempat.

- Kian Memanas, 25 Pesawat Tempur China Menyusup ke Zona Pertahanan Taiwan

Taiwan menyebut China baru saja mengerahkan 25 pesawat tempur miliknya ke zona identifikasi pertahanan udara negara tersebut pada Senin (12/4). Pengerahan itu disebut sebagai penyusupan terbesar oleh China sejak Taiwan melaporkan aktivitas semacam itu sejak September tahun lalu.

Seperti dilansir CNN, Selasa (13/4/2021), aksi China itu dilakukan sehari setelah Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken, memperingatkan China bahwa AS berkomitmen untuk membela Taiwan, yang dianggap China sebagai bagian dari wilayah kedaulatannya.

Kementerian Pertahanan Taiwan melaporkan sebanyak 25 pesawat tempur yang dikirim pasukan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) terdiri dari 14 jet tempur J-16, empat jet tempur J-10, empat pesawat pengebom H-6K, dua pesawat perang anti-kapal selam dan satu pesawat peringatan dini dan kontrol udara.

Simak video 'AS Peringatkan 'Tindakan Agresif' China ke Taiwan':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2