Pangeran Philip Meninggal Dunia, Warga UK Diimbau Tak Melayat ke Pemakaman

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 10 Apr 2021 01:49 WIB
Pangeran Philip, 99, sudah seminggu di rumah sakit karena infeksi dan perawatannya diperpanjang selama beberapa hari
Foto: Pangeran Philip (BBC World)
London -

Pangeran Philip dikabarkan meninggal dunia di usia 99 tahun. Warga Inggris diimbau untuk tidak ikut melayat ke pemakaman Pangeran Philip lantaran pandemi Corona.

Seperti dilansir CNN, Sabtu (10/4/2021), kabar meninggalnya Pangeran Philip disampaikan langsung oleh istrinya, Ratu Elizabeth II. Pangeran Philip disebut meninggal di usianya yang ke 99 tahun.

"Dengan kesedihan yang mendalam Yang Mulia Ratu mengumumkan kematian suami tercintanya, Yang Mulia Pangeran Philip, Adipati Edinburgh. Yang Mulia meninggal dengan damai pagi ini di Kastil Windsor. Pengumuman lebih lanjut akan dilakukan pada waktunya Keluarga Kerajaan bergabung dengan orang-orang di seluruh dunia untuk berduka atas kehilangannya," kata pihak Istana Buckingham.

Sementara itu, berdasarkan informasi, rencananya Pangeran Philip akan dimakamkan di Kapel St George, Inggris. Warga Inggris diminta untuk tidak ikut melayat untuk mencegah meluasnya pandemi Corona di negara tersebut.

"Pemakaman Philip akan diadakan di Kapel St George di Kastil Windsor, sejalan dengan kebiasaan dan keinginan Yang Mulia," kata College Arms yang biasa mengawasi berbagai aspek seremonial keluarga kerajaan.

Pihak kerajaan Inggris juga menyebut tidak akan melakukan pemakaman kenegaraan. Warga Inggris juga diminta untuk tidak berpartisipasi dalam pemakaman Pangeran Philip.

"Pengaturan pemakaman telah direvisi mengingat keadaan umum yang timbul dari pandemi COVID-19 dan dengan menyesal diminta agar anggota masyarakat tidak berusaha untuk menghadiri atau berpartisipasi dalam acara apa pun yang membentuk pemakaman," lanjut pihak College Arms.

Pihak Kerajaan Inggris menyebut bendera resmi, termasuk Union Flag, akan dikibarkan setengah tiang dari sekarang hingga pukul 08.00 waktu setempat pada hari setelah pemakaman Pangeran Philip. Ini dilakukan untuk menghormati meninggalnya Pangeran Philip.

Sementara itu, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson memberikan penghormatan kepada Pangeran Philip. Dia menyebut Pangeran Philip sebagai sosok yang disayang oleh seluruh generasi di Inggris hingga di seluruh dunia.

"Mendapatkan kasih sayang dari generasi ke generasi di sini di Inggris, di seluruh Persemakmuran, dan di seluruh dunia," ucapnya.

(maa/maa)