Australia Setop Penggunaan Vaksin AstraZeneca untuk Usia 50 Tahun ke Bawah

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 08 Apr 2021 18:18 WIB
(FILES) In this file photo taken on March 11, 2021 a vial of the AstraZeneca Covid-19 vaccine in Paris on March 11, 2021. - Italy joined other European nations on March 15, 2021, in blocking the use of the AstraZeneca/Oxford vaccine over fears of a link to blood clots, pending a review by the EU regulator. (Photo by JOEL SAGET / AFP)
Ilustrasi -- Vaksin AstraZeneca (dok. AFP/JOEL SAGET)

Dalam pernyataannya, otoritas Australia juga menekankan bahwa warga lanjut usia (lansia) harus terus mempercayai vaksin AstraZeneca.

"Saya ingin menekankan bahwa kami sangat mendorong orang-orang yang berusia 50 tahun ke atas untuk menerima vaksin AstraZeneca -- ini merupakan vaksin yang sangat efektif dalam mencegah COVID yang parah," cetus kepala Departemen Kesehatan Australia, Brendan Murphy.

Ditambahkan Murphy bahwa bahaya pembekuan darah terkait vaksin tergolong 'sangat rendah'. Sejauh ini, hanya ada satu kasus pembekuan darah dalam pasien yang menerima suntikan vaksin AstraZeneca di Australia.

Australia menjadi salah satu dari beberapa negara di dunia yang sukses mengatasi penyebaran Corona, dengan sejauh ini mencatat kurang dari 30 ribu kasus Corona dan 1.000 kematian. Saat ini, Australia juga tidak melaporkan adanya kasus penularan lokal di tengah masyarakat.

Namun demikian, Australia meleset dari jadwal vaksinasi sendiri, dengan baru 1 juta dosis vaksin yang disuntikkan kepada warganya hingga Kamis (8/4) waktu setempat ketika pemerintah berjanji untuk menyuntikkan 4 juta dosis pada pekan lalu.

Otoritas Australia mengandalkan vaksin AstraZeneca untuk memvaksinasi warganya, pertama dengan menggunakan pasokan yang diimpor dari Eropa dan kemudian menggunakan vaksin yang diproduksi secara lokal. Tapi kekurangan vaksin di Eropa memicu penundaan pengiriman vaksin AstraZeneca untuk Australia. Sementara vaksin alternatif seperti Pfizer-BioNTech dan Novavax belum digenjot pengadaannya.

Halaman

(nvc/idh)