Ketegangan Meningkat, Kapal Induk China Gelar Latihan Dekat Taiwan

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 06 Apr 2021 11:50 WIB
FILE PHOTO: Chinas Liaoning aircraft carrier with accompanying fleet conducts a drill in an area of South China Sea, in this undated photo taken December, 2016. REUTERS/Stringer/File photo ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. EDITORIAL USE ONLY. CHINA OUT     TPX IMAGES OF THE DAY
Kapal induk China, Liaoning (REUTERS/Stringer/File Photo)
Beijing -

Sebuah kapal induk China tengah menggelar latihan di dekat wilayah Taiwan. Ditegaskan Angkatan Laut China bahwa latihan semacam itu akan menjadi latihan rutin ke depannya, yang berpotensi semakin menambah ketegangan antara kedua negara.

Taiwan terus mengeluhkan aktivitas militer China di dekat wilayahnya selama beberapa bulan terakhir, saat China semakin meningkatkan upaya untuk menegaskan kedaulatannya atas Taiwan.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (6/4/2021), Angkatan Laut China menyatakan bahwa kapal induk yang dipimpin Liaoning -- kapal induk pertama China yang dioperasikan secara aktif -- melakukan latihan 'rutin' di perairan dekat Taiwan.

"Untuk meningkatkan kemampuan dalam menjaga kedaulatan nasional, keselamatan dan kepentingan pembangunan," demikian pernyataan Angkatan Laut China.

"Latihan serupa akan dilakukan secara rutin di masa mendatang," imbuh pernyataan tersebut, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Pernyataan China itu dirilis setelah Kementerian Pertahanan Taiwan melaporkan aktivitas penyusupan terbaru oleh Angkatan Udara China ke dalam Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) pada Senin (5/4) waktu setempat.

Kementerian Pertahanan Taiwan menyatakan pihaknya 'memahami sepenuhnya' situasi di udara dan lautan di sekitar wilayahnya, dan bahwa pihaknya 'menangani secara tepat' persoalan tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2