Korban Tewas Kecelakaan Kereta di Taiwan Jadi 36 Orang, 72 Terluka

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Jumat, 02 Apr 2021 14:00 WIB
Kecelakaan kereta di Taiwan
Penampakan kecelakaan kereta di Taiwan dari udara (Foto: National Fire Agency Department via AP)
Taipei -

Korban kecelakaan kereta di Taiwan bertambah menjadi 36 orang tewas dan 72 lainnya terluka. Disebutkan kereta diperkirakan menabrak sebuah truk yang sedang berada di sekitar lokasi.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (2/4/2021) diketahui kereta ekspres itu melakukan perjalanan dari Taipei ke Taitung yang membawa banyak turis. Petugas pemadam kebakaran mengatakan ada sekitar 350 penumpang dalam kereta nahas tersebut.

Gambar dari lokasi kecelakaan menunjukkan sejumlah gerbong di dalam terowongan hancur akibat benturan. Sedangkan bagian lain ambruk dan menghalangi tim penyelamat untuk mengevakuasi para penumpang.

"Sekitar 80-100 orang dievakuasi dari empat gerbong kereta pertama, sementara gerbong lima hingga delapan telah berubah bentuk dan sulit diakses," kata petugas pemadam kebakaran.

Kantor Berita Pusat mengatakan sebuah truk yang "tidak diparkir dengan benar" diduga meluncur ke jalur kereta. Dinas pemadam kebakaran menunjukkan gambar puing-puing truk yang tergeletak di samping kereta yang tergelincir.

"Kereta kami menabrak truk," kata seorang pria dalam sebuah video yang ditayangkan di televisi Taiwan, menunjukkan gambar-gambar reruntuhan itu.

"Bagian depan kereta terletak di luar terowongan, dan mereka yang berada di gerbong yang masih berada di dalam terowongan dibawa ke tempat aman," kata pihak pengelola kereta api Taiwan.

Sejumlah gambar menunjukkan para penumpang berusaha membawa koper dan tas di gerbong yang sudah dalam keadaan miring dan tergelincir, sementara yang lainnya terlihat berjalan di sepanjang rel yang dipenuhi puing-puing.

Kejadian serupa juga terjadi pada 2018 lalu, 18 orang tewas dan 175 lainnya luka-luka ketika sebuah kereta tergelincir di timur laut Taiwan, dalam bencana rel terparah di pulau itu dalam lebih dari tiga dekade terakhir.

(izt/knv)