Personel Angkatan Laut Italia Ditangkap Atas Tuduhan Jadi Mata-mata Rusia

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 31 Mar 2021 16:44 WIB
Ilustrasi penjara
Ilustrasi (dok. Getty Images/iStockphoto)
Roma -

Seorang kapten dari Angkatan Laut Italia ditangkap atas tuduhan menjadi mata-mata Rusia. Personel militer Italia ini tertangkap basah menyerahkan 'dokumen rahasia' kepada seorang pejabat militer Rusia dengan imbalan uang.

Seperti dilansir AFP, Rabu (31/3/2021), Kepolisian Italia menyebut seorang perwira menengah militer Italia yang bertugas sebagai kapten fregat itu tertangkap basah setelah 'pertemuan rahasia' dengan seorang warga Rusia itu di Roma pada Selasa (23/3) malam waktu setempat.

Operasi khusus Kepolisian Carabinieri menyerbu dan menghentikan kedua pria itu, namun hanya pria Italia yang berhasil ditangkap.

Seorang warga Rusia, yang disebut sebagai pejabat kedutaan, terhindar dari penangkapan karena kekebalan diplomatik yang dimilikinya. Identitasnya tidak diungkap ke publik.

Pihak kepolisian menyatakan tersangka mata-mata dari Angkatan Laut itu ditemukan setelah penyelidikan panjang yang dipimpin oleh badan intelijen domestik Italia, AISI, dengan dukungan Kepala Staf Pertahanan.

Merespons penangkapan itu, Kementerian Luar Negeri Italia menyatakan telah memanggil Duta Besar Rusia di Roma, Sergey Razov, untuk menggelar pembicaraan mendesak dengan pejabat tertinggi pada kementeriannya.

Penangkapan ini dilakukan di tengah ketegangan antara Rusia dan negara-negara Barat, khususnya terkait kasus pengkritik Kremlin, Alexei Navalny, yang memicu sanksi Uni Eropa terhadap pejabat senior Rusia.

(nvc/idh)