Corona Makin Merajalela, Presiden Brasil Copot 6 Menteri

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 30 Mar 2021 09:50 WIB
Brazils President Jair Bolsonaro greets supporters after voting during the run-off municipal elections in Rio de Janeiro, Brazil, Sunday, Nov. 29, 2020. Bolsonaro, who sometimes has embraced the label
Jair Bolsonaro (dok. AP Photo/Silvia Izquierdo)
Brasilia -

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, melakukan reshuffle kabinet di tengah pandemi virus Corona (COVID-19) yang semakin merajalela. Sedikitnya enam menteri dalam kabinet Bolsonaro dicopot dan diganti dengan pejabat yang baru.

Seperti dilansir CNN, Selasa (30/3/2021), reshuffle atau perombakan kabinet Bolsonaro ini dipandang sebagai langkah untuk mengamankan loyalitas yang lebih besar di tengah semakin merajelalanya Corona di Brasil.

Surat pengunduran diri dari para menteri yang dicopot dan diganti telah dirilis sepanjang Senin (29/3) waktu setempat. Mantan Menteri Pertahanan Fernando Azevedo e Silva merilis pernyataan yang mengatakan dirinya telah 'mengabdi pada Angkatan Bersenjata sebagai institusi negara'. Dia akan digantikan oleh Jenderal Angkatan Darat Braga Netto, yang merupakan mantan Menteri Pemerintahan.

Mantan Jaksa Agung Andre Levi, yang menolak menandatangani gugatan Bolsonaro untuk mencabut perintah lockdown dari tiga gubernur setempat, juga merilis surat pengunduran diri. Levi akan digantikan oleh Andre Mendonca, yang sebelumnya menjabat Menteri Kehakiman Brasil.

Posisi Menteri Kehakiman untuk selanjutnya akan ditempati oleh Kepala Kepolisian Federal Brasil, Anderson Torres, yang dikenal sebagai sahabat keluarga Bolsonaro.

Menteri lainnya yang di-reshuffle adalah Jenderal Luiz Eduardo Ramos yang sebelumnya menjabat Menteri Negara dan kini ditunjuk menjadi Menteri Pemerintah. Flavia Arruda, yang seorang deputi federal, kini ditunjuk menjadi Menteri Negara menggantikan Ramos.

Terakhir, diplomat Carlos Alberto Franca ditunjuk menjadi Menteri Luar Negeri Brasil, menggantikan Ernesto Araujo yang dicopot dari jabatan itu.

Selanjutnya
Halaman
1 2