Nenek Barack Obama Meninggal Dunia pada Usia 99 Tahun

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 14:53 WIB
Barack Obama: Satu pemilu tidak akan mengubah pembusukan kebenaran di AS
Mantan Presiden AS, Barack Obama (Foto: BBC World)
Nairobi -

Sarah Obama, nenek dari mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, meninggal dunia pada usia 99 tahun di Kenya Barat. Berita duka itu disampaikan oleh putrinya kepada AFP pada Senin (29/3).

"Memang benar dia telah pergi untuk bersama Tuhan," kata putrinya, Marsat Onyango sembari mengatakan bahwa Sarah Obama meninggal pada pagi hari waktu setempat.

Seperti dilansir AFP, Senin (29/3/2021), Sarah Obama, yang dikenal sebagai Mama Sarah, telah dirawat di Rumah Sakit Jaramogi Oginga Odinga Teaching and Referral di Kisumu, Kenya.

Dulunya, Sarah Obama dikenal karena kerap menyajikan bubur panas dan donat di sekolah setempat. Namanya mulai dikenal dunia sejak cucu tirinya, Barack Obama terpilih menjadi presiden kulit hitam pertama AS pada pemilihan presiden 2008 lalu.

Sudah dikenal usai mantan senator Barack Obama, Illinois mengunjungi Kenya pada tahun 2006, wisma sederhana milik Sarah menjadi objek wisata usai Obama memenangkan pemilihan presiden pada November 2008 lalu.

Sarah lahir pada tahun 1922 di sebuah desa di tepi perairan Danau Victoria. Diketahui Sarah adalah istri ketiga dari Hussein Onyango Obama, kakek Presiden Obama, seorang herbalis dan tetua desa yang berjuang untuk Inggris di Burma, sekarang disebut Myanmar.

Onyango Obama, yang meninggal pada tahun 1975, dikatakan sebagai orang pertama yang menukar pakaian kulit kambing dengan celana panjang di desanya. Dia kembali dari perang di Myanmar dengan sebuah gramophone dan foto seorang wanita kulit putih yang dia klaim telah dinikahinya.

Meski tidak memiliki hubungan darah, Presiden Obama sering menyebut Sarah sebagai neneknya.

Lihat juga Video: Kata Michelle Obama soal Meghan Bicara Rasisme di Kerajaan Inggris

[Gambas:Video 20detik]