Gempa M 5,4 Guncang Xinjiang, Tiga Orang Tewas-Ratusan Dievakuasi

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Rabu, 24 Mar 2021 18:29 WIB
Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Ilustrasi gempa bumi (Foto: iStock)
Beijing -

Gempa bumi dengan Magnitudo (M) 5,4 mengguncang wilayah Xinjiang, China pada Rabu (24/3) subuh waktu setempat. Menurut media pemerintah, dilaporkan tiga orang tewas akibat gempa tersebut. Sejumlah atap rumah juga ambruk dan ratusan orang terpaksa dievakuasi.

Seperti dilansir AFP, Rabu (24/3/2021), menurut Pusat Jaringan Gempa China, gempa bumi melanda daerah Baicheng, barat laut prefektur Aksu, pada pukul 05.14 waktu setempat. Sebuah rekaman saat gempa menunjukkan gedung-gedung bergoyang dalam kegelapan, membuat atap-atap rumah ambruk usai gempa berhenti.

"Gempa tersebut menyebabkan tiga kematian dan 65 rumah rusak," demikian dilaporkan CCTV, menambahkan bahwa ada 10 gempa susulan dengan Magnitudo (M) terbesar 3,4.

Setelah rumah-rumah dan kandang ternak ambruk, para pemimpin desa yang terkena dampak mendirikan tempat pengungsian sementara.

Kantor berita resmi Xinhua melaporkan usai gempa bumi pada Rabu (24/3), layanan kereta api antara ibu kota regional Urumqi dan daerah-daerah seperti Hotan dan Aksu dihentikan sementara.

Diketahui China kerap dilanda gempa bumi, terutama di daerah pegunungan di barat dan barat daya.

Sebelumnya pada Februari 2003, gempa dengan Magnituto 6,8 menewaskan 268 orang di Xinjiang dan menyebabkan kerusakan yang signifikan.

Gempa dahsyat dengan Magnitudo (M) 7,9 pernah terjadi di provinsi Sichuan, China barat daya pada tahun 2008. Sekitar 87.000 orang tewas atau hilang akibat bencana alam itu.

Simak juga Video: Detik-detik Gempa M 7,2 di Jepang, Warga Tetap Tenang

[Gambas:Video 20detik]



(izt/ita)