Round-Up

Kejutan Pendaratan Militer China di Wilayah Sengketa

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 20:01 WIB
An aerial view of Qilianyu islands in the Paracel chain, which China considers part of Hainan province on August 10, 2018. (Photo by - / AFP) / China OUT
Laut China Selatan (Foto: AFP)

Menurut laporan TV dan pernyataan PLA, Armada Angkatan Laut juga mempraktikkan sejumlah latihan seperti, pertahanan udara, operasi anti-rudal, dan latihan lepas landas serta pendaratan helikopter di malam hari.

Pada minggu lalu, menurut data pemantauan yang dirilis oleh South China Sea Strategic Situation Probing Initiative, lembaga think-tank yang berbasis di Beijing, AS mengirim pesawat pengintai - termasuk drone pengintai maritim MQ-4C, pesawat mata-mata EP-3E, dan pesawat pengintaian strategis RC-135U - ke Laut Cina Selatan. AS juga mengirimkan kapal pengintai laut USNS Impeccable ke wilayah tersebut.

Video PLA ini dirilis ketika angkatan bersenjata Taiwan melakukan latihan penembakan langsung dari Kepulauan Pratas (juga dikenal sebagai Kepulauan Dongsha dalam bahasa China) ke perairan sekitarnya pada hari Senin (1/3). Kegiatan serupa dijadwalkan akan dilakukan minggu depan dan akhir bulan ini, di Pulau Taiping.

Baik Kepulauan Pratas dan Taiping berada dalam kekuasaan Taiwan.

Menurut penjaga pantai Taiwan, latihan tersebut adalah pelatihan tahunan untuk mensimulasikan penanganan intrusi oleh PLA dan kapal Vietnam. Karena hubungan antara China dan Taiwan menjadi lebih tegang, PLA telah meningkatkan peringatannya ke Taiwan, yang disebut China sebagai bagian wilayahnya.

Halaman

(izt/ita)