Serangan Anti-Asia Marak di AS, Pria Malaysia Ditonjok Orang Tak Dikenal

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 16:06 WIB
A man walks along a snow covered platform of a train station during a snowstorm, Monday, Feb. 1, 2021, in Brooklyn, New York. (AP Photo/Wong Maye-E)
Ilustrasi (dok. AP Photo/Wong Maye-E)
New York -

Serangan terhadap warga keturunan Asia melonjak di berbagai wilayah Amerika Serikat (AS). Seorang pria asal Malaysia ditonjok seseorang tak dikenal di luar sebuah stasiun kereta bawah tanah di New York.

Seperti dilaporkan Newsweek dan dilansir The Star, Jumat (5/3/2021), serangan itu terjadi di luar pintu masuk stasiun kereta bawah tanah East Broadway F, tidak jauh dari area Pecinan di Manhattan, New York. Serangan terjadi pada Selasa (2/3) malam, sekitar pukul 23.00 waktu setempat.

Rekaman CCTV menunjukkan Teoh Ming Soon (56), seorang pekerja konstruksi yang sudah 20 tahun tinggal di AS, ditonjok oleh seseorang tak dikenal saat dalam perjalanan pulang. Menurut laporan, Soon mengalami luka memar di mata bagian kiri dan luka-luka di bibirnya.

Rekaman CCTV yang kemudian dibagikan di Twitter itu menunjukkan pelaku penyerangan tampaknya menunggu di pintu masuk stasiun sebelum Soon datang mendekat dan menyerangnya. Pelaku kemudian terlihat berjalan menuruni tangga menuju kereta bawah tanah.

Pelaku penyerangan yang tampak memakai masker, masih dalam perburuan polisi setempat hingga saat ini.

Kepada media lokal, i, Soon menuturkan bahwa serangan itu terjadi sangat cepat dan dia tidak bisa mengingat apapun.

"Saya tidak tahu mengapa dia menyerang saya. Mungkin karena saya orang Asia?" tanyanya.

Soon sempat mendapatkan perawatan medis lebih lanjut di NYC Health + Hospitals/Bellevue, sebelum diperbolehkan pulang.

Simak juga video 'AS Identifikasi Terkait Serangan Roket di Irak Barat':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2