Johor Akan Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar di Asia Tenggara

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 15:03 WIB
Ilustrasi Bendera Malaysia (AFP Photo)
Foto: AFP PHOTO
Johor Baru - Penguasa Johor, Malaysia, Sultan Ibrahim Iskandar mengumumkan rencana untuk membangun pembangkit listrik tenaga surya terbesar di Asia Tenggara. Dalam pernyataan pers pada Minggu (28/2), Kantor Pers Kerajaan Johor mengatakan bahwa pembangkit tersebut akan dibangun di wilayah Pengerang, bagian tenggara Malaysia.

"Disebut Sultan Ibrahim Solar Park, proyek RM 1,4 miliar (Rp 4,9 triliun) akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara dengan kapasitas gabungan 450 megawatt," tambah pernyataan itu, seperti dilansir Channel News Asia, Senin (1/3/2021).

Lebih lanjut, proyek tersebut adalah proyek investasi swasta pertama Johor untuk tahun 2021.

Sultan Ibrahim akan meresmikan upacara peletakan batu pertama pada 23 Maret mendatang, di lokasi proyek di Pengerang.

Proyek pembangunan pembangkit tenaga surya ini sejalan dengan rencana pembangunan berkelanjutan Johor 2030, yang berfokus pada pelestarian dan perlindungan lingkungan sebagai bagian dari rencana pembangunan ekonomi negara bagian Malaysia itu.

"Proyek tersebut akan memberi dampak ekonomi yang baik bagi masyarakat dengan menciptakan lapangan kerja di berbagai level," demikian pernyataan Kantor Pers Kerajaan Johor

"Dengan proyek yang menarik ini, Johor akan menciptakan kuantum ke energi terbarukan dan berkelanjutan," imbuhnya.

Disebutkan bahwa proyek tersebut akan menandai terobosan besar pertama Johor menjadi energi berkelanjutan skala besar untuk mendorong ekonomi hijau dan lingkungan yang lebih bersih.

"Johor adalah salah satu negara bagian yang diberkati dengan waktu matahari yang lama. Sudah saatnya kita memanfaatkan sumber daya ini untuk meningkatkan kapasitas pembangkit listrik kita dan berkontribusi pada produksi energi terbarukan," kata Sultan Ibrahim Iskandar. (izt/ita)