Arab Saudi Cegat Rudal Houthi di Udara, Rumah Warga Dihujani Puing

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Minggu, 28 Feb 2021 14:12 WIB
Rusia Uji Coba Kapal Selam Nuklir, 4 Rudal Ditembakkan
Ilustrasi (Foto: Assoociated Press)
Riyadh -

Arab Saudi mencegat serangan rudal yang diluncurkan oleh kelompok pemberontak Houthi ke wilayahnya pada Sabtu (27/2). Kejadian itu membuat rumah-rumah warga sipil sempat dihujani puing-puing rudal.

Seperti dilansir AFP, Minggu (28/2/2021) kelompok Houthi telah meningkatkan serangan terhadap kerajaan itu, untuk merebut benteng terakhir pemerintah Marib, Yaman Utara.

"Koalisi militer pimpinan Saudi menggagalkan serangan rudal balistik Houthi yang menargetkan Riyadh," demikian disebutkan dalam siaran televisi pemerintah Ekhbariya, tanpa menyebutkan jumlah rudal yang dicegat.

Lebih lanjut, disebutkan pecahan rudal yang tersebar di beberapa wilayah Riyadh, merusak setidaknya satu rumah tetapi tidak ada laporan terkait korban.

Sejumlah saksi mata mengaku mendengar beberapa ledakan keras. Terlihat kondisi langit pada malam hari diterangi dengan kilatan cahaya menyusul intersepsi rudal.

Secara terpisah, koalisi mengatakan pihaknya mencegat enam drone Houthi yang menargetkan wilayah selatan kerajaan - dua di kota garnisun Khamis Mushait, dan masing-masing satu di kota Jizan dan lokasi lainnya.

Kelompok pemberontak Houthi tidak segera mengklaim bertanggung jawab atas serangan yang dilakukannya. Mereka kerap menyerang wilayah Selatan kerajaan dan sebelumnya menargetkan serangan dengan rudal dan drone.

Serangan itu terjadi ketika Arab Saudi menjadi tuan rumah kejuaraan Formula E di pinggiran Riyadh, yang menurut media pemerintah dihadiri oleh penguasa de facto Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS).

Simak video 'Pesawat Sipil di Arab Saudi Diserang Houthi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2