Lockdown Diterapkan di Ibu Kota Brasil untuk Redam Lonjakan Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 27 Feb 2021 15:27 WIB
Otoritas Brasil melaporkan tambahan 43 ribu kasus Corona. Dengan tambahan itu, total kasus Corona di Brasil saat ini telah melampaui 4 juta kasus.
Ilustrasi (dok. AP Photo)

Langkah drastis ini diambil saat Presiden Jair Bolsonaro yang meremehkan Corona, memperbarui serangannya terhadap gubernur negara bagian yang disebutnya menghancurkan lapangan pekerjaan dengan lockdown.

Bolsonaro yang tinggal dan berkantor di Brasilia, menyebut para gubernur yang memberlakukan pembatasan dan lockdown telah merugikan warga Brasil.

"Yang paling diinginkan orang-orang adalah bekerja," cetusnya dalam kunjungan ke wilayah Brasil bagian tenggara pada Jumat (26/2) waktu setempat.

Dia pun mengancam akan memotong bantuan darurat pandemi untuk negara bagian yang menerapkan lockdown. "Mulai sekarang, gubernur yang menutup negara bagian mereka harus menyediakan bantuan darurat mereka sendiri," ucap Bolsonaro.

Dalam 24 jam terakhir, Kementerian Kesehatan Brasil melaporkan 65.169 kasus Corona dan 1.337 tambahan kematian.

Sejauh ini, Brasil mencatat total lebih dari 10 juta kasus Corona di wilayahnya, dengan lebih dari 252 ribu kematian. Dengan angka itu, Brasil menempati peringkat ketiga sebagai negara dengan total kasus Corona terbanyak di dunia, setelah Amerika Serikat (AS) dan India.

Halaman

(nvc/idh)