Inggris Dorong Kaum Muda Indonesia Bertindak Atasi Perubahan Iklim

Tim Detikcom - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 18:47 WIB
Ilustrasi bendera Inggris
Foto: Ilustrasi (detikINET/Rachmatunnisa)
Jakarta - Kedutaan Besar Inggris di Indonesia menyerukan para pemuda Indonesia, termasuk para alumni beasiswa Chevening untuk mendorong aksi melindungi pencegahan perubahan iklim. Inisiatif ini sejalan dengan kepemimpinan Inggris yang memegang jabatan presiden COP26 tahun ini.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins mengatakan, Inggris bertekad untuk memastikan bahwa generasi muda Indonesia, termasuk alumni penerima beasiswa Chevening dilibatkan dalam upaya Inggris meningkatkan ambisinya dalam perubahan iklim.

"Melalui Kepresidenan COP26 Inggris Raya, kami memiliki kesempatan unik untuk bekerjasama dengan komunitas cendekiawan, para mitra dan alumni global, untuk merayakan kemajuan yang dibuat di seluruh dunia, dan untuk mendorong tindakan yang berani dan tegas untuk melindungi planet kita," ujar Owen, seperti dikutip dari rilis Kedutaan Besar Inggris di Indonesia, Rabu (24/2/2021).

Kampanye #JanjiCegahKrisisIklim disampaikan secara kolaboratif oleh sekelompok penerima beasiswa pemerintah Inggris, termasuk Chevening, Beasiswa Persemakmuran, Fulbright dan Marshall, di tahun kepresidenan COP26 Inggris.

Kampanye tersebut memanfaatkan kekuatan komunitas global untuk mendorong aksi iklim. Inggris akan mendorong sebanyak mungkin orang untuk menjanjikan beberapa tindakan dalam mengatasi perubahan iklim pada tahun 2021.

Perubahan iklim telah mempengaruhi banyak orang di seluruh dunia. Dengan tindakan bersama seluruh kaum muda Indonesia diharapkan perubahan iklim dapat diatasi.

"Kami mendorong semua pihak untuk bergabung dengan kami dan memberikan janji untuk mengambil tindakan khusus mengatasi perubahan iklim, baik sebagai individu maupun organisasi; menceritakan tindakan-tindakan apa saja yang telah mereka rencanakan, atau komitmen baru yang dibuat - yang ambisius, dan dapat dicapai," ujar Owen.

Owen menambahkan, sebagai Presiden COP26 yang akan datang, Inggris bertekad untuk memastikan bahwa generasi muda Indonesia dilibatkan dalam upaya Inggris meningkatkan ambisinya dalam perubahan iklim.

Simak video 'Soroti Dampak Iklim, Jokowi Serukan Langkah Luar Biasa':

[Gambas:Video 20detik]



(izt/ita)