Tentara Pakistan Tewaskan Seorang Komandan Taliban

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 02:02 WIB
Militan Taliban di Afghanistan (Stringer Afghanistan/Reuters)
Ilustrasi (Foto: Stringer Afghanistan/Reuters)
Pakistan - Pasukan keamanan Pakistan pada Selasa membunuh seorang komandan Taliban yang diyakini terlibat dalam pembunuhan empat pekerja bantuan wanita di barat laut negara itu, kata tentara. Komandan Taliban itu bernama Hassan alias Sajna.

Sajna tewas dalam baku tembak setelah tentara menggerebek tempat persembunyian di desa Mir Ali di distrik Waziristan Utara di sepanjang perbatasan Afghanistan, kata tentara.

"Hassan alias Sajna terlibat dalam pembunuhan empat pekerja wanita kemarin di Mir Ali," kata tentara Pakistan dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir AFP, Rabu (24/2/2021).

"Teroris yang terbunuh tetap terlibat dalam kegiatan teroris melawan Pasukan Keamanan & warga sipil damai termasuk serangan IED, penculikan untuk tebusan, pembunuhan sasaran, pemerasan dan juga terlibat dalam perekrutan teroris," lanjutnya.

Sebelumnya, keempat pekerja bantuan wanita itu disergap oleh dua pria bersenjata pada hari Senin saat mereka berkendara melalui desa.

Kepala polisi setempat Shafiullah Gandapur mengatakan para pekerja bantuan itu berafiliasi dengan program yang dijalankan oleh lembaga lokal untuk mengembangkan keterampilan rumah tangga bagi perempuan.

Serangan telah berkurang dalam beberapa tahun terakhir setelah serangkaian serangan militer terhadap militan lokal dan asing di barat laut negara itu.

Pada tahun 2014, tentara melancarkan operasi besar-besaran untuk memusnahkan pangkalan militan di Waziristan Utara yang bertujuan untuk mengakhiri pemberontakan selama hampir satu dekade yang menelan ribuan nyawa. Tetapi kelompok militan masih dapat melakukan serangan sporadis dan terisolasi.

Lonjakan serangan baru-baru ini yang menargetkan pasukan keamanan di sepanjang perbatasan Afghanistan telah memicu kekhawatiran bahwa kelompok jihadis mungkin berkumpul kembali. (eva/eva)