Pesawat Militer Nigeria Jatuh Saat Akan Mendarat, 7 Orang Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 10:01 WIB
An Airbus A320 airplane takes off from a runway at Ronald Reagan Washington National Airport in Arlington, Virginia, September 23, 2013. AFP PHOTO / Saul LOEB
Ilustrasi (dok. Saul Loeb/AFP)
Abuja -

Sedikitnya tujuh orang tewas setelah sebuah pesawat militer Nigeria jatuh saat hendak mendarat di bandara Abuja. Pesawat ini dilaporkan mengalami kegagalan mesin.

"Seluruh tujuh personel di dalam pesawat tewas dalam kecelakaan ini," tutur juru bicara Angkatan Udara Nigeria, Marsekal Muda Ibikunle Daramola dalam pernyataan via Twitter, seperti dilansir CNN, Senin (22/2/2021).

Dituturkan Daramola bahwa Kepala Staf Angkatan Udara telah memerintahkan penyelidikan segera atas insiden yang terjadi pada Sabtu (20/2) waktu setempat itu.

"Sebuah pesawat militer King Air 350 baru saja jatuh di landasan Abuja kita setelah melaporkan kegagalan mesin dalam penerbangan ke Minna. Tampaknya berakibat fatal," tutur Menteri Penerbangan Nigeria, Hadi Sirika, mengonfirmasi insiden tersebut.

Dalam pernyataan terbaru pada Minggu (21/2) sore waktu setempat, juru bicara Kementerian Penerbangan Nigeria, James Odaudu, menyatakan bahwa 'pesawat melaporkan kegagalan mesin pukul 10.39 waktu setempat dan jatuh saat akan mendarat dalam pendekatan terakhir di landasan 22 Abuja pukul 10.48 UTC'.

Odaudu menuturkan bahwa petugas pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan kobaran api yang menyelimuti pesawat.

Secara terpisah, seorang pegawai otoritas penerbangan yang enggan disebut namanya menuturkan bahwa dirinya menyaksikan kecelakaan itu. Disebutkan pegawai ini bahwa pilot membelokkan pesawat ke lokasi terpencil dan sepi. Dia menyebut pesawat menghindari gudang dan permukiman yang ada di sekitar Bandara Internasional Nnamdi Azikwe.

"Kecelakaan terjadi tak jauh dari landasan. Pilot berupaya kembali ke landasan setelah lepas landas," tuturnya.

Lihat juga video '69 Tewas dalam Kerusuhan di Negeria':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)