Thailand Perketat Keamanan di Gedung Parlemen Jelang Aksi Demo

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Jumat, 19 Feb 2021 17:11 WIB
Ratusan demonstran berkumpul di Bangkok untuk menentang pemerintah yang menindak keras unjuk rasa pro-demokrasi yang digelar beberapa bulan terakhir.
Ilustrasi Demonstrasi di Thailand (Foto: AP Photo/Sakchai Lalit)
Bangkok -

Otoritas Thailand meningkatkan keamanan di sekitar gedung parlemen di Bangkok menjelang aksi demonstrasi yang bertepatan dengan voting mosi tidak percaya terhadap pemerintahan Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (19/2/2021) sejumlah kendaraan taktis meriam air terlihat di dekat gedung parlemen, meningkatkan kemungkinan bentrokan baru antara pengunjuk rasa dan polisi.

Polisi mengatakan semua aksi protes di Bangkok adalah ilegal, mengacu pada larangan pertemuan sejak gelombang kedua virus Corona menyerang Thailand pada Desember 2020 lalu.

"Kami tidak akan mengizinkan para demonstran memasuki kawasan di depan parlemen," kata Wakil Komisaris Biro Kepolisian Metropolitan Bangkok, Mayjen Polisi Piya Tavichai kepada Reuters.

Protes yang dipimpin para pemuda muncul tahun lalu untuk menuntut pengunduran diri pemimpin kudeta, Prayuth dan diakhirinya dominasi militer dalam pemerintahan.

Ribuan petugas polisi bersiaga menjelang pemungutan suara parlemen yang dijadwalkan pada akhir pekan besok, di mana Prayuth dan kabinetnya diperkirakan bakal lolos dari mosi tidak percaya.

Para pemimpin protes berencana berkumpul di depan parlemen pada Jumat sore waktu setempat dan menggelar protes lain di Bangkok pada Sabtu (20/1).

Lihat juga Video: Antrean Truk Thailand Masuk ke Myanmar Usai Kudeta Militer

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2