International Updates

Boeing Ingatkan Pilot Usai Musibah Sriwijaya, AS Akan Bayar Rp 2,8 T ke WHO

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 17:33 WIB
Ilustrasi Penerbangan, ilustrasi pesawat, pesawat terbang, ilutrasi perjalanan, pesawat
ilustrasi (Foto: Getty Images/Maja Hitij)
Jakarta -

Boeing mengeluarkan buletin teknis kepada maskapai-maskapai penerbangan agar memastikan pilot mereka memantau kondisi pesawat dan jalur penerbangan dengan cermat, guna mencegah kehilangan kendali saat terbang.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (18/2/2021) buletin bertanggal 15 Februari itu dikeluarkan setelah Indonesia mengeluarkan laporan awal kecelakaan Sriwijaya Air seri 737-500 yang menewaskan 62 orang pada 9 Januari lalu.

Buletin tersebut tidak secara eksplisit menyinggung soal kecelakaan Sriwijaya dan mencakup semua model Boeing modern.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Kamis (18/2/2021):

- Soal Kesepakatan Nuklir, Khamenei Singgung Janji-janji Manis AS

Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, menuntut 'tindakan, bukan kata-kata' dari Amerika Serikat (AS), jika negara itu ingin menghidupkan kembali kesepakatan nuklir tahun 2015. Seruan ini menjadi tantangan bagi Presiden Joe Biden untuk mengambil langkah awal untuk kembali ke perundingan.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (18/2/2021), Iran menetapkan tenggat waktu pekan depan bagi Biden untuk mulai mencabut sanksi-sanksi yang diberlakukan pendahulunya, mantan Presiden Donald Trump, atau Iran akan mengambil langkah terbesar untuk melanggar kesepakatan nuklir itu.

Langkah besar melanggar kesepakatan itu melibatkan larangan inspeksi mendadak oleh pengawas nuklir Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

"Kami telah mendengar banyak kata-kata dan janji-janji manis yang dalam praktiknya telah dilanggar dan tindakan bertentangan telah diambil," ucap Khamenei dalam pidatonya yang disiarkan televisi setempat.

- Kronologi Kecelakaan Maut BMW M4 di Singapura, 5 Orang Tewas

Sebuah mobil BMW M4 kecelakaan setelah menabrak sebuah bangunan di daerah Tanjong Pagar, Singapura. Kecelakaan tersebut ramai disorot karena diwarnai upaya seorang perempuan menyelamatkan kekasihnya yang ada di dalam mobil nahas tersebut.

Kecelakaan itu terjadi pada Sabtu (13/2) lalu. Mobil BMW M4 yang celaka awalnya terlihat mengebut lalu kehilangan kendali hingga berputar, kemudian menabrak bangunan, lalu meledak.

Sebuah mobil terlihat tiba di lokasi tak lama setelah kecelakaan. Seorang perempuan lalu berlari menuju mobil yang terbakar saat api masih berkobar.

- AS Dakwa 3 Peretas Korut Atas Pencurian Mata Uang Digital, Termasuk di RI

Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) mendakwa tiga pejabat intelijen militer Korea Utara (Korut) melakukan pencurian mata uang digital secara global, termasuk di Indonesia. Sebuah perusahaan pertukaran mata uang digital di Indonesia disebut sebagai salah satu korban dalam dakwaan AS.

Simak video 'Sikap Resmi Boeing atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ182':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2