Pesawat Militer Prancis Dekati Perbatasan, Rusia Kerahkan Jet Tempur

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 11:52 WIB
Momen saat jet tempur Rusia mencegat pesawat pengintai AS dan Swedia di atas Laut Baltik (Russian Defence Ministry via CNN)
Jet Tempur Rusia cegat pesawat Prancis (Foto: Russian Defence Ministry via CNN)
Moskow -

Rusia mengerahkan jet-jet tempur Su-27 untuk mencegat tiga pesawat militer Prancis pada Rabu (17/2) waktu setempat. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pesawat-pesawat militer Prancis itu dicegat lantaran mendekati perbatasan Rusia di atas Laut Hitam.

Seperti dilansir AFP, Kamis (18/2/2021) dalam pernyataannya, Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan telah mengerahkan dua jet tempur Su-27 untuk mencegat dua jet tempur Prancis, Mirage-2000 dan sebuah pesawat pengisian bahan bakar KC-135, setelah ketiganya terdeteksi berada "di atas perairan netral Laut Hitam" saat mendekati perbatasan Rusia.

Jet-jet tempur Rusia tersebut melakukan pengawalan ketat terhadap pesawat-pesawat militer Prancis di Laut Hitam "sesuai dengan aturan internasional untuk wilayah udara".

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan, pesawat-pesawat militer Prancis kemudian menjauh dari perbatasan dan jet-jet tempur Rusia pun kembali ke pangkalan.

"Pelanggaran perbatasan di negara bagian Federasi Rusia tidak diizinkan," tegas kementerian.

Ketegangan antara Rusia dan negara-negara Barat telah mencapai titik tertinggi sejak Perang Dingin, terlebih pada 2014 saat Moskow mencaplok semenanjung Krimea di Ukraina.

Rusia dan negara-negara Barat secara rutin saling mencegat jet tempur di dekat perbatasan mereka.

Moskow terakhir kali mencegat jet tempur Prancis di atas Laut Hitam pada Oktober tahun 2020 lalu.

Sebelumnya pada Mei 2019, pasukan AS mencegat enam pesawat militer Rusia di wilayah udara internasional di barat Alaska, AS.

Lihat juga Video: 22 Orang Tewas dalam Kecelakaan Pesawat Militer Ukraina

[Gambas:Video 20detik]



(izt/ita)