Mario Draghi, Eks Kepala Bank Sentral Eropa Akan Dilantik Jadi PM Baru Italia

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 13 Feb 2021 16:45 WIB
Italys new prime minister, former European Central Bank President Mario Draghi addresses the media on February 12, 2021 following a meeting with Italys President at the Quirinale presidential palace in Rome. - The 73-year-old economist formed a new national unity government to replace Giuseppe Contes centre-left coalition, which collapsed one month ago, leaving the country rudderless in an unprecedented crisis. (Photo by YARA NARDI / POOL / AFP)
Mario Draghi (AFP/YARA NARDI/POOL)
Roma -

Mantan Kepala Bank Sentral Eropa, Mario Draghi, akan dilantik menjadi Perdana Menteri (PM) Italia yang baru pada Sabtu (13/2) waktu setempat. Draghi ditunjuk menggantikan Giuseppe Conte yang mengundurkan diri di tengah pandemi virus Corona (COVID-19).

Seperti dilansir AFP, Sabtu (13/2/2021), Draghi yang berusia 73 tahun ini dijuluki 'Super Mario' karena melakukan 'apapun yang diperlukan' untuk menyelamatkan zona Euro. Beberapa waktu terakhir, dia telah membentuk pemerintahan persatuan nasional yang melibatkan hampir seluruh partai politik di Italia.

Penunjukan Draghi menjadi PM baru Italia dicetuskan oleh Presiden Sergio Mattarella, setelah pemerintahan sebelumnya di bawah Conte kolaps akibat kehilangan dukungan mayoritas dalam Senat Italia akibat rasa frustrasi yang berkembang atas penanganan pandemi Corona dan resesi ekonomi.

Draghi menghabiskan waktu 10 hari terakhir untuk menyusun koalisi pemerintahannya yang luas. Pada Jumat (12/2) malam waktu setempat, dia secara resmi menerima jabatan Perdana Menteri dalam pertemuan dengan Presiden Mattarella.

Usai resmi menerima jabatan PM Italia, Draghi membacakan daftar kabinetnya yang berisi campuran teknokrat, politikus veteran dan menteri yang pernah menjabat. Kabinet yang disusunnya disebut sebagai koalisi pelangi karena menyertakan anggota Partai Gerakan Lima Bintang (M5S) yang populis, Partai Demokrat yang beraliran kiri tengah dan Italia Viva yang dipimpin mantan PM Matteo Renzi.

Deputi Gubernur senior Bank Italia, Daniele Franco, ditunjuk menjadi Menteri Perekonomian yang baru, sedangkan Roberto Speranza dan Luigi Di Maio masing-masing tetap menjabat Menteri Kesehatan dan menteri Urusan Luar Negeri di bawah kabinet Draghi nantinya.

Draghi akan mulai menjabat sebagai PM Italia secara resmi setelah dilantik di Istana Kepresidenan pada Sabtu (13/2) waktu setempat.

Lihat juga Video: Italia Ditinggal Perdana Menterinya di Tengah Krisis Covid-19

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2