Arab Saudi Kembali Cegat Drone Houthi Usai Serangan Bandara Abha

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Kamis, 11 Feb 2021 17:10 WIB
Pesawat Sipil di Arab Saudi Diserang Houthi hingga Terbakar
pesawat sipil Arab Saudi yang terbakar akibat drone Houthi (Foto: Assoociated Press)
Dubai -

Pasukan Arab Saudi kembali mencegat drone bersenjata yang ditembakkan oleh kelompok pemberontak Houthi di Yaman pada Kamis (11/2). Serangan drone ini dilakukan sehari setelah serangan drone Houthi di sebuah bandara di Arab Saudi, yang menyebabkan sebuah pesawat sipil terbakar.

Seperti dilansir AFP, Kamis (11/2/2021), serangan drone terbaru itu menargetkan kota Khamis Mushait di Arab Saudi Selatan, di mana terdapat pangkalan udara utama disana. Juru bicara koalisi Saudi, Turki al-Maliki menyebut drone itu bisa dihalau sebelum mencapai targetnya.

Sebelumnya, beberapa drone menyerang bandara internasional Abha di barat daya kerajaan itu pada hari Rabu (10/2), sehingga mendorong Washington untuk menyerukan diakhirinya agresi Houthi.

Koalisi Saudi mengatakan serangan drone Houthi itu membakar pesawat sipil. Houthi telah mengklaim serangan tersebut dan mengatakan mereka telah menyerang bandara Abha dengan empat drone.

Amerika Serikat bereaksi dengan menyerukan kepada para pemberontak Houthi untuk "segera menghentikan tindakan agresif ini", hanya beberapa hari setelah menyerukan diakhirinya serangan-serangan Houthi di Yaman.

Seruan itu disampaikan AS setelah Houthi melancarkan serangan untuk merebut benteng terakhir pemerintah di Marib, Yaman utara.

Seorang komandan militer mengatakan, pertempuran di pangkalan militer pemerintah di Marib pada Rabu (10/2) tersebut menewaskan 23 pemberontak Houthi dan 15 pasukan pro-pemerintah. Dikatakannya, bala bantuan untuk mendukung pasukan pemerintah telah tiba di provinsi tetangga Shabwa.

Pengeras suara di masjid-masjid di Marib digunakan untuk mendesak penduduk setempat bergabung dalam pertempuran atau menyumbangkan uang.

Perang di Yaman telah merenggut puluhan ribu nyawa dan menyebabkan jutaan orang mengungsi. PBB menyebutnya sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

Lihat Video "Pesawat Sipil di Arab Saudi Diserang Houthi":

[Gambas:Video 20detik]



(izt/ita)