7 Orang Tewas dan 125 Masih Hilang Akibat 'Tsunami Himalaya' di India

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 08 Feb 2021 09:39 WIB
This general view shows state-run NTPC hydropower project site damaged after a broken glacier caused a major river surge that swept away bridges and roads, near Joshimath in Chamoli district of Uttarakhand, on February 7, 2021. - At least 200 people are missing in northern India after a piece of Himalayan glacier fell into a river, causing a torrent that buried two power plants and swept away roads and bridges, police said on February 7. (Photo by Ajay BHATT / AFP)
Situasi di sungai India usai diterjang arus deras yang dipicu longsornya gletser di kawasan Himalaya (Ajay BHATT/AFP)

Juru bicara Polisi Perbatasan Indo-Tibet, Vivek Pandey, menuturkan bahwa 12 orang sempat terjebak di dalam terowongan di proyek Dhauliganga saat insiden ini terjadi, namun mereka telah diselamatkan dan mendapat pertolongan pertama. Dia menyebut ada 140 pekerja pembangkit listrik yang masih hilang.

Rekaman video yang beredar di media sosial yang diambil dari tepi bukit yang curam menunjukkan arus sangat deras memenuhi sungai dan menghantam pusat pembangkit listrik yang berdiri di tepi sungai, menghancurkannya hingga berkeping-keping sebelum terus menerjang yang lain.

"Itu terjadi sangat cepat, tidak ada waktu untuk memperingatkan semua orang. Saya merasa bahkan kami bisa saja ikut tersapu arus," tutur Sanjay Singh Rana yang tinggal di desa Raini, yang ada di atas bukit setempat, dalam percakapan telepon dengan Reuters.

Dengan ruas jalan utama tersapu arus kemudian terowongan dipenuhi lumpur dan bebatuan, para petugas penyelamat terpaksa menuruni bukit secara manual dengan tali demi mengakses lokasi.

Ratusan tentara dan paramiliter bersama beberapa helikopter militer dan pesawat dikerahkan ke lokasi. Tim pakar glasiologi (pakar gletser dan es) juga ikut berangkat ke lokasi pada Senin (8/2) untuk mempelajari penyebab bencana ini.

Perdana Menteri (PM) Narendra Modi menyatakan dirinya memantau situasi dengan saksama. "India bersama Uttarakhand dan bangsa ini berdoa untuk keselamatan semua orang di sana," ucapnya via Twitter.


(nvc/ita)