Calon Menteri Perdagangan AS Janji Akan Sangat Agresif terhadap China

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 11:06 WIB
FILE - In this Sept. 25, 2015, file photo, a military honor guard await the arrival of Chinese President Xi Jinping for a state arrival ceremony at the White House in Washington. China on Tuesday, Dec. 8, 2020, lashed out at the U.S. over new sanctions against Chinese officials and the sale of more military equipment to Taiwan. (AP Photo/Andrew Harnik, File)
Foto: AP Photo/Andrew Harnik, File
Jakarta -

Gina Raimondo, yang dicalonkan sebagai Menteri Perdagangan oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden, berjanji akan bersikap keras terhadap China karena praktik perdagangan "anti-persaingannya".

Hal itu disampaikannya dalam sidang konfirmasi Senat atas pencalonannya, Selasa (26/1) waktu setempat.

"Jika saya dikonfirmasi, saya berencana untuk menjadi sangat agresif, untuk membantu Amerika bersaing melawan praktik tidak adil China," kata Raimondo kepada para anggota Senat seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (27/1/2021).

Raimondo, gubernur wanita pertama di negara bagian Rhode Island, AS, mengatakan bahwa China "jelas-jelas telah berperilaku dengan cara yang anti-persaingan, membuang baja dan aluminium murah ke Amerika, yang melukai para pekerja Amerika dan melukai kemampuan perusahaan-perusahaan kita untuk bersaing."

Dia mengatakan dirinya mendukung posisi Biden bahwa Amerika Serikat akan berkonsultasi dengan sekutunya untuk memulihkan perdagangan yang adil dengan China.

Raimondo tidak berkomitmen untuk memasukkan raksasa telekomunikasi Huawei atau perusahaan China lainnya dalam daftar hitam AS karena tuduhan bahwa mereka menimbulkan risiko bagi keamanan nasional AS.

Namun, bagaimanapun, dia berjanji untuk menggunakan kekuatan departemen perdagangan "untuk melindungi warga Amerika dan jaringan kita dari campur tangan China," seraya menambahkan: "Itu Huawei, ZTE, atau perusahaan lain mana pun."

Selanjutnya
Halaman
1 2