Diplomat Senior Korea Utara Membelot ke Korea Selatan

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 12:25 WIB
Photo taken in Pyongyang, Democratic Peoples Republic of Korea
Ilustrasi Korea Utara (Foto: iStock)
Seoul -

Seorang diplomat senior Korea Utara, Ryu Hyun-woo, yang juga sebagai Duta Besar Korut untuk Kuwait telah membelot ke Korea Selatan bersama keluarganya.

Dilansir dari AFP, Senin (25/1/2021), menurut harian Bisnis Maeil, Ryu dikabarkan datang ke Korea Selatan pada September 2019 dan mencari suaka. Kedatangannya di Korea Selatan sebenarnya masih dirahasiakan sampai sekarang.

Sekitar 30.000 warga Korea Utara dilaporkan telah melarikan diri dari penindasan dan kemiskinan di bawah rezim komunis. Mereka menetap di Korea Selatan setelah diam-diam menyeberangi perbatasan dengan China.

Pembelotan oleh pejabat senior jarang terjadi, terlebih kedatangan Ryu di Korsel terjadi hanya dua bulan setelah mantan Plt Duta Besar Korea Utara untuk Italia Jo Song Gil meminta suaka dari Seoul.

"Saya memutuskan untuk membelot karena saya ingin menawarkan anak saya masa depan yang lebih baik," kata surat kabar Maeil Business mengutip ucapan Ryu.

Ryu menjadi Plt duta besar pada September 2017 setelah Kuwait mengusir Dubes So Chang Sik, setelah negara Teluk itu mengadopsi resolusi PBB atas program senjata Pyongyang.

Menurut laporan, Ryu adalah menantu Jon Il Chun, mantan kepala Kantor 39, yang mengelola dana rahasia pimpinan Korea Utara.

Selanjutnya
Halaman
1 2