International Updates

Sidang Pemakzulan Trump Mulai Februari, Penjaga Pantai China Diperkuat

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 23 Jan 2021 19:02 WIB
US President Donald Trump attends a National Day of Observance wreath laying ceremony on November 11, 2020 at Arlington National Cemetery in Arlington, Virginia. - US President Donald Trump made his first official post-election appearance Wednesday for what should be a moment of national unity to mark Veterans Day, now marred by his refusal to acknowledge Joe Bidens win. The president visited Arlington National Cemetery, four days after US media projected his Democratic rival would take the White House. (Photo by Brendan Smialowski / AFP)
Donald Trump (dok. AFP/BRENDAN SMIALOWSKI)
Jakarta -

Sidang pemakzulan mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, akan mulai digelar awal Februari mendatang. Otoritas China memperkuat wewenang Penjaga Pantai dengan mengizinkannya menembak kapal asing jika diperlukan.

Senat AS mengumumkan bahwa sidang pemakzulan Trump akan digelar oleh Senat pada minggu kedua bulan Februari mendatang. Dalam sidang ini, Trump akan dijerat tuduhan menghasut pemberontakan terkait rusuh Gedung Capitol pada 6 Januari lalu, yang didalangi pendukungnya.

Sementara otoritas China meloloskan undang-undang (UU) yang memperkuat wewenang Penjaga Pantai China. Di bawah UU itu, Penjaga Pantai China bisa mengambil langkah apapun yang diperlukan, termasuk penggunaan senjata, terhadap pelanggaran kedaulatan oleh kapal asing di wilayahnya.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Sabtu (23/1/2021):

- 150 Tentara Garda Nasional Positif Corona Usai Jaga Pelantikan Biden

Lebih dari 150 tentara Garda Nasional Amerika Serikat (AS) yang dikerahkan ke Washington DC untuk mengamankan pelantikan Presiden Joe Biden, dinyatakan positif virus Corona (COVID-19).

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (23/1/2021), otoritas AS mengerahkan langkah keamanan yang lebih ketat dari biasanya saat pelantikan Biden digelar pada Rabu (20/1) lalu. Pengamanan diperketat usai kerusuhan di Gedung Capitol yang didalangi pendukung mantan Presiden Donald Trump pada 6 Januari lalu.

Lebih dari 25 ribu tentara Garda Nasional, yang berasal dari 50 negara bagian AS, dikerahkan ke Washington DC untuk mengamankan pelantikan Biden.

Dituturkan seorang pejabat AS yang enggan disebut namanya bahwa jumlah tentara Garda Nasional yang dinyatakan positif Corona mencapai 150-200 personel. Pejabat AS ini menyebut jumlah itu bisa bertambah, namun masih tergolong bagian kecil dari total personel yang dikerahkan ke Washington DC.

- Senat Tetapkan Lloyd Austin Jadi Menhan Kulit Hitam Pertama AS

Senat Amerika Serikat (AS) meloloskan pensiunan jenderal militer Lloyd Austin sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) dalam pemerintahan Presiden Joe Biden. Austin mencetak sejarah sebagai Menhan kulit hitam pertama dalam sejarah AS.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (23/1/2021), voting yang digelar Senat AS pada Jumat (22/1) waktu setempat menunjukkan 93 Senator mendukung dan hanya dua Senator yang menolak. Kedua Senator yang menolak berasal dari Partai Republik.

Kebanyakan Senator dari kedua partai -- Partai Demokrat dan Partai Republik -- menyatakan mereka senang bahwa Austin akan memimpin Pentagon atau Departemen Pertahanan AS hanya dua hari setelah Biden dilantik.

Selanjutnya
Halaman
1 2