Percaya Ramuan Ajaib Tangkal Corona, Menkes Sri Lanka Positif Terinfeksi

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 23 Jan 2021 13:33 WIB
Sri Lanka is in the grip of a coronavirus surge, approving the emergency use of the vaccine developed by AstraZeneca and Oxford University on Friday (Ishara S. KODIKARA AFP/File)
Ilustrasi -- Situasi pandemi Corona di Sri Lanka (Ishara S. KODIKARA AFP/File)
Kolombo -

Menteri Kesehatan Sri Lanka, Pavithra Wanniarachchi, dinyatakan positif terinfeksi virus Corona (COVID-19). Wanniarachchi diketahui secara terang-terangan mendukung ilmu sihir dan 'ramuan ajaib' untuk menghentikan penyebaran Corona di negaranya.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (23/1/2021), Wanniarachchi secara publik meminum dan mendukung 'ramuan ajaib' -- belakangan terungkap mengandung madu dan pala -- yang diracik oleh seorang dukun setempat, yang mengklaim ramuan itu manjur sebagai inokulasi seumur hidup melawan virus Corona.

Tidak hanya itu, dia juga menuangkan sepanci air yang 'diberkati' ke sungai pada November tahun lalu, setelah seseorang yang menyebut dirinya orang suci memberitahu dirinya bahwa itu akan mengakhiri pandemi Corona.

Kementerian Kesehatan Sri Lanka mengumumkan Wanniarachshi dinyatakan positif Corona pada Jumat (22/1) waktu setempat dan akan menjalani isolasi mandiri.

"Hasil tes antigennya menyatakan positif pada Jumat (22/1) waktu setempat dan dia diminta untuk mengisolasi dirinya sendiri," tutur seorang pejabat Kementerian Kesehatan Sri Lanka. "Semua kontak langsungnya telah dikarantina," imbuhnya.

Seorang menteri junior yang juga meminum ramuan ajaib yang dipopulerkan Wanniarachchi, dinyatakan positif Corona pada awal pekan ini.

Para dokter di negara itu telah menegaskan bahwa tidak ada dasar ilmiah untuk sirup yang disebut sebagai 'ramuan ajaib' itu. Ditegaskan juga oleh para dokter setempat bahwa tidak ada obat yang diakui sejauh ini untuk COVID-19.

Simak juga video 'Kasus Corona Meningkat, Kenya Alami Lonjakan Permintaan Oksigen':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2