Imbas Tuduhan Pelecehan di Tempat Kerja, Gubernur Jenderal Kanada Mundur

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 15:14 WIB
Gubernur Jenderal Julie Payette, perwakilan Ratu Elizabeth II di Kanada, mengundurkan diri Kamis (21/1/2021).
Foto: Gubernur Jenderal Julie Payette, perwakilan Ratu Elizabeth II di Kanada, mengundurkan diri pada Kamis (21/1/2021).
Ottawa -

Gubernur Jenderal Julie Payette, yang menjadi perwakilan Ratu Inggris Elizabeth II di Kanada, mengundurkan diri pada Kamis (21/1) waktu setempat. Payette mundur menjelang dirilisnya laporan soal tuduhan pelecehan di tempat kerja yang ditujukan untuk kantornya.

Seperti dilansir AFP, Jumat (22/1/2021), peninjauan independen telah diperintahkan oleh pemerintah pada Juli lalu ketika pertama kali muncul tuduhan soal situasi kerja "toxic" di Rideau Hall -- kediaman resmi gubernur jenderal.

Media lokal Kanada, mengutip sumber anonim yang memahami isi laporan itu, melaporkan bahwa kesimpulan dari peninjauan itu memberatkan.

"Untuk menghormati integritas kantor viceregal (perwakilan kerajaan) saya dan untuk kebaikan negara kita dan lembaga demokrasi kita, saya telah sampai pada kesimpulan bahwa Gubernur Jenderal yang baru harus diangkat," kata Payette dalam sebuah pernyataan.

"Saya telah mengajukan pengunduran diri saya ... (dan) saya telah memberi tahu Perdana Menteri Kanada tentang keputusan saya," tambahnya.

Staf dan mantan staf di kantor Gubernur Jenderal telah menuduh bahwa Payette menindas, meneriaki dan mempermalukan staf di depan umum, beberapa di antaranya bahkan meninggalkan kantornya sambil menangis.

Saat tuduhan itu muncul, Payette menyatakan dirinya akan menanggapi tuduhan itu dengan sangat serius.

Selanjutnya
Halaman
1 2