Pidato di Lincoln Memorial, Biden Ajak Rakyat AS Bersatu Hadapi Tantangan

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 11:37 WIB
President Joe Biden. Source: Pool
Joe Biden saat berpidato di Lincoln Memorial (Pool via CNN)
Washington DC -

Presiden baru Amerika Serikat (AS), Joe Biden, kembali menyampaikan pesan optimisme dan persatuan dalam pidato terbarunya di Lincoln Memorial. Biden menyerukan seluruh rakyat AS untuk bersatu dalam menghadapi tantangan-tantangan yang muncul.

"Sungguh merasa tersanjung untuk berdiri di sini, di depan kalimat sakral ini. Merendahkan hati untuk menghormati Presiden (Abraham) Lincoln dan jabatan yang sekarang kami pegang, dan merendahkan hati untuk Anda, rakyat Amerika. Seperti yang saya katakan sebelumnya hari ini, kita telah belajar kembali bahwa demokrasi itu berharga dan karena Anda, demokrasi telah menang," tegas Biden dalam pidatonya, seperti dilansir CNN, Kamis (21/1/2021).

Pidato terbaru di Lincoln Memorial, Washington DC ini disampaikan Biden dalam rangkaian acara malam pelantikan yang bertema 'Celebrating America' pada Rabu (20/1) malam waktu setempat. Acara ini digelar secara virtual untuk publik AS.

"Itulah mengapa Jill dan saya, Kamala (Harris) dan Doug, ingin memastikan pelantikan kami bukan soal kami, tapi tentang Anda, rakyat Amerika. Ini adalah bangsa yang besar. Kita orang-orang yang baik dan untuk menghadapi tantangan di depan kita membutuhkan hal paling sukar dipahami dari semua hal dalam demokrasi -- persatuan. Itu menuntut kita untuk bersatu dalam kasih sayang bersama yang menggambarkan kita sebagai warga Amerika," cetus Biden.

Setelah menyebut kesulitan-kesulitan yang tengah dihadapi AS, termasuk pandemi virus Corona (COVID-19), krisis ekonomi, ketidakadilan rasial, krisis iklim dan ancaman internal terhadap demokrasi, Biden bertanya secara retoris apakah rakyat Amerika siap menghadapi tantangan tersebut.

"Akankah kita menghadapi momen seperti leluhur kita? Saya yakin kita harus dan saya yakin kita akan menghadapinya. Anda, rakyat Amerika menjadi alasan mengapa saya tidak pernah lebih optimis soal Amerika dibanding saya pada hari ini," ujarnya.

"Tidak ada yang tidak bisa kita lakukan, jika kita melakukannya bersama," tegas Biden.

"Jadi terima kasih atas kehormatan ini, saya akan memberikan yang terbaik untuk Anda semua," tandasnya.

Simak video 'Jadi Presiden AS, Joe Biden Langsung Fokus 3 Hal Ini':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)