Beri Selamat ke Biden, Palestina Ingin Kerja Sama dengan AS Jaga Perdamaian

Ibnu Hariyanto - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 04:33 WIB
Palestinian President Mahmoud Abbas speaks during a meeting of the UN Security Council at UN headquarters in New York, U.S., February 20, 2018. REUTERS/Lucas Jackson
Presiden Palestina Mahmoud Abbas (Foto: REUTERS/Lucas Jackson)
Ramallah -

Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengucapkan selamat kepada Presiden Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris. Ia berharap bisa bekerja sama dengan AS dalam menjaga perdamaian dunia.

"Kami berharap dapat bekerja sama untuk perdamaian dan stabilitas di kawasan dan dunia," kata Abbas dalam suratnya kepada Biden dilaporkan kantor berita resmi Palestina, WAFA seperti dilansir CNN, Rabu (20/1/2021).

Abbas menegaskan kesiapannya untuk proses perdamaian yang komprehensif dan adil yang akan mencapai aspirasi rakyat Palestina dalam kebebasan dan kemerdekaan.

Sebelumnya, Joe Biden resmi dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat. Pelantikan Biden digelar di West Front Gedung Capitol AS di Washington DC, dimulai pukul 11.30 waktu setempat.

Pembatasan sesuai protokol pandemi virus Corona (COVID-19) diberlakukan selama pelantikan berlangsung.

Biden diambil sumpahnya oleh Ketua Mahkamah Agung AS dan hakim agung John Roberts, sambil meletakkan tangannya di atas Alkitab berusia lebih dari 100 tahun milik keluarganya, yang dipegang oleh istrinya, Jill.

Sumber CBS News menyebut Alkitab itu juga digunakan saat Biden dilantik sebagai Wakil Presiden AS tahun 2009 dan 2013 lalu.

Dalam pidato perdananya, Joe Biden mengirim pesan ke seluruh dunia tentang AS. Ia juga mengatakan berjanji menjadi mitra dalam menjaga perdamaian dan keamanan.

"Inilah pesan saya kepada mereka yang berada di luar perbatasan kami. Amerika telah diuji, dan kami telah menjadi lebih kuat karenanya. Kami akan memperbaiki aliansi kami dan terlibat dengan dunia sekali lagi," kata Biden dilansir CNN, Rabu (20/1/2021).

"Kami akan memimpin, tidak hanya dengan contoh kekuatan kami, tetapi dengan kekuatan teladan kami. Kami akan menjadi mitra yang kuat dan terpercaya untuk perdamaian, kemajuan dan keamanan," jelasnya.

(ibh/rdp)