Trump Tinggalkan Gedung Putih dengan Helikopter Kepresidenan AS

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 20:22 WIB
Washington DC -

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, meninggalkan Gedung Putih di Washington DC untuk terakhir kalinya dengan helikopter kepresidenan AS, Marine One. Trump meninggalkan Gedung Putih sebelum Presiden terpilih AS, Joe Biden, resmi dilantik.

Seperti dilansir CNN, Rabu (20/1/2021), Trump dengan didampingi Ibu Negara AS, Melania, keluar dari Gedung Putih pada Rabu (20/1) pagi, sekitar pukul 08.15 waktu setempat. Keduanya berjalan beriringan masuk ke dalam Marine One yang sudah menunggu mereka di South Lawn Gedung Putih.

Trump dan Melania sempat menyapa wartawan dan staf yang menanti mereka di dekat South Lawn Gedung Putih.

Marine One akan membawa Trump dan Melania ke pangkalan militer Joint Base Andrews, Maryland, di mana Trump dijadwalkan akan berpidato dan menjalani seremoni perpisahan bergaya militer -- sesuai permintaannya.

Dari Joint Base Andrews, Trump dan Melania akan melanjutkan penerbangan ke Palm Beach, Florida, dengan pesawat kepresidenan AS, Air Force One. Ini akan menjadi momen terakhir Trump terbang dengan pesawat kepresidenan AS.

Trump mendobrak tradisi dengan terbang meninggalkan Washington DC saat masih menjabat sebagai Presiden AS.

Dia pergi meninggalkan Gedung Putih pada pagi hari sebelum Biden dilantik dan tidak akan menyapa Biden di North Portico Gedung Putih seperti tradisi transfer kekuasaan selama ini.

(nvc/rdp)