Pesawat Tempur Israel Gempur Gaza Usai Serangan Roket

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 18 Jan 2021 14:06 WIB
Serangan udara Israel di jalur Gaza (AFP/SAID KHATIB)
Foto: Serangan udara Israel di jalur Gaza (AFP/SAID KHATIB)
Gaza City -

Jet-jet tempur dan helikopter Israel melancarkan serangan udara di Jalur Gaza pada Sabtu (16/1) dan Minggu (17/1) dini hari waktu setempat. Serangan diluncurkan beberapa jam setelah roket ditembakkan dari wilayah itu dan menghantam gudang kosong.

Dilansir AFP, Senin (18/1) serangan Israel itu menargetkan instalasi militer Hamas. Tentara Israel mengatakan itu termasuk "dua lokasi pembuatan roket, infrastruktur bawah tanah dan fasilitas pelatihan untuk angkatan laut kelompok Hamas."

Belum ada laporan terkait korban. Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan mereka menganggap Hamas, yang menguasai Jalur Gaza, bertanggung jawab atas serangan roket ke Israel.

Secara terpisah, dilaporkan bahwa pasukan yang ditempatkan di pagar keamanan Gaza menembakkan peluru tank ke sebuah pos Hamas pada Sabtu (16/1) malam waktu setempat. Insiden yang terjadi tak lama setelah tembakan roket itu sedang diselidiki oleh tentara.

Pihak militer Israel mengatakan serangan roket itu terjadi sekitar pukul 21.30 waktu setempat, memicu sirene di Ashkelon dan zona industri di selatan kota itu, sebuah daerah di mana puluhan ribu orang tinggal.

Selanjutnya
Halaman
1 2