China Sumbangkan 1 Juta Dosis Vaksin Corona Buatan Sinovac ke Kamboja

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 16 Jan 2021 17:24 WIB
Brasil Tangguhkan Uji Klinis Vaksin Corona Sinovac Buatan Cina
Ilustrasi (DW News)
Phnom Penh -

Perdana Menteri (PM) Kamboja, Hun Sen, mengungkapkan bahwa China akan menyumbangkan 1 juta dosis vaksin virus Corona (COVID-19) buatan Sinovac Biotech. PM Hun Sen menyebut China sebagai 'sahabat' dan mengucapkan terima kasih atas kemurahan hatinya.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (16/1/2021), Kamboja diketahui telah sejak lama menjadi sekutu dekat China. Negara ini menerima miliaran dolar dalam bentuk pinjaman lunak dan investasi dari China.

Saat banyak negara menutup perbatasan untuk pelancong asal China pada awal pandemi Corona, PM Hun Sen menolak melakukan hal yang sama. Dia justru melakukan perjalanan ke Beijing untuk bertemu Presiden Xi Jinping guna menunjukkan solidaritas.

Dalam pengumuman pada Jumat (15/1) malam waktu setempat, PM Hun Sen mengungkapkan bahwa China menawarkan untuk menyumbangkan vaksin Corona buatan Sinovac kepada Kamboja.

"Sahabat China membantu kita dengan satu juta dosis," tutur PM Hun Sen dalam pesan audio melalui akun Facebook resminya.

Dia menyatakan bahwa vaksin Corona sumbangan China itu akan digunakan untuk memvaksinasi 500 ribu orang di Kamboja. Diketahui bahwa dibutuhkan dua dosis vaksin Corona buatan Sinovac untuk bisa mencapai efektivitas maksimum.

"Untuk mencegah negara ini dan rakyatnya terinfeksi virus mematikan ini, kita harus menggunakan vaksin yang telah digunakan pada para pemimpin China dan jutaan orang ... Kita tidak bisa menunggu lebih lama lagi," cetusnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2