Wapres AS Hubungi Kamala Harris Tawarkan Bantuan Jelang Pelantikan

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 16 Jan 2021 08:53 WIB
Vice President Mike Pence speaks on the third day of the Republican National Convention at Fort McHenry National Monument and Historic Shrine in Baltimore, Wednesday, Aug. 26, 2020. (AP Photo/Andrew Harnik)
Mike Pence (dok. AP Photo/Andrew Harnik)
Washington DC -

Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Mike Pence, untuk pertama kalinya menghubungi Wakil Presiden terpilih AS, Kamala Harris, pada pekan ini. Dalam panggilan telepon itu, Pence menawarkan bantuan kepada Harris menjelang transfer kekuasaan pekan depan.

Seperti dilansir Reuters dan CNN, Sabtu (16/1/2021), Pence diketahui lebih aktif mengambil peran publik pada masa transisi pemerintahan AS, khususnya sepekan terakhir ini. Pence diketahui mendatangi kantor pusat Badan Manajemen Darurat Federal untuk mendapatkan pengarahan soal keamanan pelantikan.

Sebelum kembali ke Gedung Putih, dia menyempatkan diri menyapa para personel Garda Nasional AS yang ditugaskan menjaga keamanan Gedung Capitol saat pelantikan Presiden terpilih AS, Joe Biden, nanti. Pence juga menyapa para operator telepon Gedung Putih dan menyampaikan surat apresiasi kepada mereka.

Akhir pekan ini, Pence dijadwalkan mengunjungi tentara AS di dua pangkalan militer terpisah di California dan New York untuk menyampaikan salam perpisahan.

Presiden Donald Trump sendiri sempat mengunjungi Texas pada Selasa (12/1) lalu untuk menyoroti warisannya soal imigrasi dan tembok perbatasan AS-Meksiko. Namun kebanyakan Trump memilih berada di dalam Gedung Putih pada hari-hari terakhir masa jabatannya.

Trump sama sekali tidak menghubungi Biden atau mengakui kemenangan Biden dalam pilpres November 2020. Dia juga menolak desakan para penasihatnya untuk mengundang Biden ke Gedung Putih sebelum pelantikan.

Beberapa pekan setelah pilpres 3 November tahun lalu, Trump memang lebih banyak mempertanyakan integritas pilpres dan beberapa kali secara keliru mengklaim menang atas Biden. Trump telah menegaskan tidak akan datang ke pelantikan Biden dan akan meninggalkan Gedung Putih sebelum Biden dilantik.

Simak video 'Dua Polisi AS Diskors, Diduga Terlibat Kerusuhan di Capitol':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2