Vaksin Corona Buatan Sinovac Disorot Singapura dan Malaysia

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 15 Jan 2021 19:12 WIB
Vaksinasi tahap pertama di Kota Bogor dilakukan hari ini. Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menjadi orang pertama di Kota Bogor yang disuntik vaksin Corona.
Foto: Ilustrasi vaksin Sinovac (Rifkianto Nugroho)

Efikasi Sinovac di Brasil

Untuk diketahui, para peneliti di Brasil baru-baru ini mengungkap hasil terbaru efikasi vaksin COVID-19 Sinovac. Dari uji klinis ditemukan vaksin Sinovac hanya 50,4 persen efektif mencegah infeksi, jauh di bawah persentase yang diumumkan pekan lalu.

Dikutip dari Reuters, para ilmuwan dan pengamat mengecam pusat biomedis Butantan karena merilis sebagian data pada minggu lalu yang menghasilkan ekspektasi yang tidak realistis. Kebingungan mungkin menambah skeptisisme di Brasil tentang vaksin buatan China itu.

Sebelumnya, para peneliti Brasil merayakan hasil yang menunjukkan 78 persen efikasi atau kemanjuran melawan kasus COVID-19 "ringan hingga berat", tingkat yang kemudian mereka gambarkan sebagai "kemanjuran klinis".

Sementara itu, para peneliti Turki mengatakan bulan lalu bahwa vaksin Sinovac efektif 91,25 persen berdasarkan analisis sementara. Indonesia memberikan persetujuan penggunaan darurat vaksin tersebut pada hari Senin (11/1) berdasarkan data sementara yang menunjukkan efektif 65 persen.

Halaman

(rdp/ita)