Vaksin Sinopharm Buatan China Disebut Aman untuk Anak dan Remaja

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 15 Jan 2021 18:15 WIB
China memamerkan vaksin Corona untuk pertama kali di China International Fair for Trade in Services. Kandidat vaksin Corona yang dipamerkan merupakan produksi perusahaan China Sinovac Biotech dan Sinopharm.
Ilustrasi -- Vaksin Corona buatan Sinopharm (AP/Mark Schiefelbein)

China yang berhasil mengatasi sebagian besar kasus Corona di wilayahnya, kini kembali menghadapi kemunculan klaster-klaster penularan terbaru. Pembatasan dan lockdown pun kembali diterapkan di beberapa wilayah untuk mencegah kenaikan kasus Corona.

Program vaksinasi Corona di China sendiri telah dimulai sejak Juli lalu untuk penggunaan darurat, yang kemudian diperluas dengan menyertakan lebih banyak kelompok prioritas pada Desember lalu. Namun saat ini vaksinasi belum mencakup mereka yang berusia di bawah 18 tahun dan di atas 59 tahun karena data klinis yang belum mencukupi.

Sementara itu, kandidat vaksin Sinovac dan CanSino Biologics juga tengah diuji coba pada anak-anak dan remaja. Untuk vaksin buatan negara Barat, seperti Pfizer dan Moderna, diketahui juga menyertakan anak-anak paling muda berusia 12 tahun dalam uji klinis mereka.

Halaman

(nvc/ita)